Kami minta bantuan dari BPBD menerjunkan personel ke sana. Teman-teman relawan saya kontak untuk ikut bantu di Pucangsawit. Ini tadi kan hujan cukup ekstrem, ada beberapa lokasi yang tergenang
Solo (ANTARA) - Sejumlah wilayah di kota Solo, Jawa Tengah, terendam banjir akibat hujan yang turun sejak Kamis siang.

Data sementara yang dihimpun Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Surakarta untuk wilayah yang saat ini terdampak banjir di antaranya Kelurahan Jagalan, Gandekan, Semanggi, Joyosuran, Sangkrah, Kedunglumbu, dan Tanjung Anom kota.

Lurah Jagalan Irjanto Yudha Andika mengatakan saat ini hampir seluruh wilayah di Kelurahan Jagalan terendam banjir.

"Hampir rata, baru mau koordinasi sama pintu air dulu kalau bisa disedot, kalau tidak ya nunggu," katanya.

Ia mengatakan banjir terjadi akibat luapan Sungai Kalisonto yang ada di wilayah tersebut. Untuk ketinggian banjir di pemukiman warga sekitar 30-40 cm.

"Baru tadi di jalan hampir setengah meter, biasanya kalau pompa hidup itu langsung hilang," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan dibuatnya pengungsian untuk warga terdampak banjir, pihaknya mengatakan hingga saat ini belum perlu dilakukan.

Baca juga: KemenPUPR: Rehabilitasi Bendung Tirtonadi kendalikan banjir Kota Solo

"Ini nggak perlu, biasanya langsung surut. Kalau pompa hidup langsung surut, tapi tetap melihat kondisi Sungai Bengawan Solo. Kalau memang bisa disedot ya disedot, kalau nggak bisa ya otomatis harus disiapkan pengungsian dan dapur umum," katanya.

Sementara itu Lurah Pucangsawit Yosef Fitriyanto mengatakan banjir di wilayah tersebut terjadi di RW 06. "Untuk jumlah yang terdampak ini baru proses koordinasi, assessment. Hujan baru ini tapi ketinggian air (di Sungai Bengawan Solo) dari semalam sudah tinggi, ada permasalahan di pintu air RW 06," katanya.

Terkait hal itu, sebetulnya ia sudah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

"Kami minta pompa 2 kapasitas 500 liter, kemudian dari DPUPR juga menambahkan satu pompa. Yang di rumah pompa RW 6 ada 2 kapasitas 500 liter juga," katanya.

Ia mengatakan untuk banjir di wilayah tersebut ketinggiannya beragam ada yang 50-75 cm.

Terkait dengan pengungsian, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Kota Surakarta.

"Kami minta bantuan dari BPBD menerjunkan personel ke sana. Teman-teman relawan saya kontak untuk ikut bantu di Pucangsawit. Ini tadi kan hujan cukup ekstrem, ada beberapa lokasi yang tergenang," katanya.

Baca juga: Menteri PUPR pastikan bantaran Kali Pepe Solo bebas banjir 2022
Baca juga: BBWS Bengawan Solo kirim pompa atasi banjir di Lamongan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023