Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menerima sejumlah usulan perlunya
membangun saluran air untuk mengantisipasi genangan di Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru.

"Dalam 'Rembuk RW' lebih condong ke arah pembangunan saluran baru yang diusulkan RW 1, 3 dan 4," kata Lurah Petogogan Nina Permata dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Nina menuturkan usulan warga mengenai pembangunan saluran air ini diharapkan mampu mengalirkan air saat hujan. Genangan dapat mengganggu pengguna jalan.

Sebanyak 28 usulan dibahas bersama dengan tim teknis dan masyarakat setempat yang terdiri dari 23 usulan fisik dan lima usulan non fisik.

Baca juga: "Rembuk RW" hasilkan 34 usulan perbaikan sarana

Peralatan non fisik ini nantinya digunakan sebagai kebutuhan warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari kegiatan agama hingga berolahraga.

"Untuk usulan non fisik itu seperti permintaan alat marawis, pelatihan mengemudi dan peralatan olahraga, yakni tenis dan ping pong," katanya.

Harapan Nina, dengan adanya usulan yang langsung disampaikan masyarakat dapat menjadi evaluasi untuk perbaikan pelayanan pemerintahan ke depannya.

Selain itu, "Rembuk RW" ini tentunya juga menjadi kesempatan bersosialisasi hingga menjalin kedekatan antarwarga maupun pemangku jabatan.

"Kami berharap usulan yang disampaikan agar bisa dilaksanakan karena merupakan usulan dari masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Jaksel minta pendamping Rembuk RW jadi penghubung pemerintah-warga

Kelurahan Petogogan menggelar Sidang Kelompok Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan di Aula Kantor Kelurahan Petogogan.

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor e-0002 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan RKPD Tahun 2024.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) mendata secara statistik usulan "Rembuk RW 2020" ada 11.441 usulan. Untuk 2021 turun menjadi 9.115 usulan, sedangkan untuk 2022 ada 9.353 usulan.

Usulan terbanyak ada pada bidang Bina Marga, Sumber Daya Air, Perhubungan, Tenaga Kerja dan Pemuda dan Olahraga.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023