Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis Indonesia akan berhadapan dengan Korea Selatan pada perempat final Kejuaraan Asia Bulu Tangkis Beregu Campuran (BAMTC) 2023 di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat, pukul 11:00 waktu setempat atau 14:00 WIB.

Indonesia lolos ke fase gugur setelah menjadi juara Grup C dengan mengantongi poin sempurna yakni delapan. Sedangkan Korea Selatan berstatus runner-up Grup A dengan empat poin.

Hasil apik pada empat pertandingan fase grup menjadi modal skuad Merah Putih menghadapi tim Negeri Ginseng. Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan mengalahkan tiga pesaing dengan skor telak 5-0 melawan Lebanon, Suriah, dan Bahrain.

Meskipun harus berjuang keras melawan Thailand pada pertandingan terakhir, Kamis (16/2), Indonesia mampu membalikkan keadaan untuk meraih kemenangan 3-2 setelah sempat tertinggal 0-2.

Baca juga: Rinov/Phita bawa Indonesia juara Grup C seusai kalahkan Thailand 3-2

Sedangkan Korea Selatan dalam perjalanan ke perempat final mengantongi dua kemenangan dan satu kali kalah. Negeri Ginseng mengalahkan Singapura dan Uzbekistan dengan skor telak 5-0. Lalu pada pertandingan terakhir, Korea Selatan kalah dari China dengan skor 2-3.

Sejauh ini, kedua tim belum mengumumkan pebulu tangkis yang turun pada perempat final. Namun Indonesia layak percaya diri karena secara komposisi berada di atas lawan.

Dari segi peringkat tunggal putra, Indonesia memiliki Anthony Sinisuka Ginting yang menempati urutan tiga dunia dan Chico Aura Dwi Wardoyo di posisi 15. Sedangkan Korea Selatan punya Cho Geon-Yeop di peringkat 228 dan Le Yun-Gyu di posisi 237.

Pada sektor tunggal putri, skuad Merah Putih punya Gregoria Mariska Tunjung (peringkat 14) dan Putri Kusuma Wardani (43). Korea Selatan mengandalkan Sim Yu-Jin (47) dan Kim Gae-Eun (20).

Pada sektor ganda, Indonesia juga lebih unggul karena memiliki Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berstatus pemain terbaik dunia saat ini. Lalu ada juga Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di posisi 21.

Korea Selatan membawa Jin Yong/Na Sung-Seung di peringkat 72. Lalu ada juga Kim Won-ho yang menempati peringkat tujuh dunia namun dia tidak tampil bersama tandem yang biasa bermain bersama Seo Seung-Jae.

Pun demikian pada sektor ganda putri, Merah Putih memiliki pasangan peringkat delapan dunia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto di peringkat 59.

Korea Selatan mengandalkan Baek Ha-Na/Lee Yu-Lim yang menempati peringkat 15 dunia. Selain itu juga ada nama Jeong Na-eun yang menempati peringkat keempat. Namun juga hadir tak bersama pasangannya Kim Hye-Jeong. Lainnya Le Soo-hee.

Lalu pada sektor ganda campuran Indonesia punya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menjadi penentu kemenangan pada laga melawan Thailand. Ada juga Lisa Ayu Kusumawati/Rehan Naufal Kusharjanto.

Pada sektor ganda, pemain Korea Selatan mayoritas bermain rangkap. Nama di atas juga bisa bermain di sektor ganda campuran. Dengan kondisi tersebut, skuad Merah Putih layak waspada dengan strategi lawan.

Selain Indonesia versus Korea Selatan, pertandingan perempat final BAMTC 2023 juga akan mempertemukan Thailand melawan Jepang, India berhadapan dengan Hong Kong, dan China melawan Malaysia.

Baca juga: Indonesia targetkan juara grup BAMTC 2023
Baca juga: Indonesia turunkan skuad terbaik hadapi Thailand di BAMTC 2023

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023