Jakarta (ANTARA) - Tim balap Alpine menggandeng legenda sepak bola Prancis Zinedine Zidane sebagai salah satu strategi tim dan perusahaan untuk menghadapi Formula 1 musim 2023.

Pemenang piala dunia dan mantan pelatih Real Madrid itu diperkenalkan sebagai duta merek global bersamaan dengan peluncuran A523.

"Saya sangat senang berada di sini dan bersemangat untuk menjadi bagian dari tim Alpine," kata Zidane, dikutip dari tayangan ulang peluncuran mobil baru Alpine, Jumat.

Saat ditanya alasan Zidane tertarik untuk bergabung dengan tim, ia mengatakan dapat menggali pengalaman dengan bertukar pendapat bersama para ahli di bidang yang cukup baru baginya.

Namun, yang jelas, alasan utama tim merekrut Zidane adalah karena keduanya membagi darah dan nuansa Prancis yang kental. Para pebalap Alpine musim ini pun, Pierre Gasly dan Esteban Ocon, keduanya juga berasal dari Prancis.

Baca juga: Mobil Formula 1 Alpine telihat menjanjikan bagi Pierre Gasly

Ocon mengaku, kehadiran Zidane yang merupakan sosok idolanya sejak kecil, membuatnya sangat bersemangat untuk mengarungi musim 2023. Ia berbicara dengan Zidane di belakang panggung membahas karier profesional masing-masing.

"Dia menjadi salah satu idola saya sejak saya masih kecil," kata Ocon.

"Saya mulai bermain sepak bola pada usia lima tahun dan hanya ingin memakai jersey nomor 10 seperti Zidane ketika saya berlatih sepak bola," kenangnya.

Zidane pun belakangan ini disebut tengah menganggur karena masih belum menemukan tim baru untuk ia latih. Terakhir, ia menangani Real Madrid dan sempat disebut akan menjadi pelatih tim nasional Prancis.

Di sisi lain, mantan petinju profesional Inggris Nicola Adams juga ditunjuk sebagai mentor untuk melatih pebalap muda di tim Alpine dan meningkatkan kesadaran akan keberagaman.

Baca juga: Alpine A523 lengkapi jajaran mobil baru F1 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023