Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan dua bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia yang berpotensi mempengaruhi cuaca dalam beberapa hari ke depan.

Deputi Meteorologi Guswanto di Jakarta, Jumat menyampaikan dua bibit siklon itu, yakni bibit siklon tropis 91P yang terpantau di Teluk Carpentaria selatan Papua dan bibit siklon tropis 99W di Laut Filipina sebelah utara Papua Barat.

Ia mengemukakan, Bibit Siklon Tropis 91P itu terpantau berkecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum sebesar 1003.2 mb (milibar) bergerak ke arah Selatan Barat Daya.

"Diperkirakan potensi Bibit Siklon Tropis 91P tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, Bibit Siklon Tropis 99W berkecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum sebesar 1007.9 mb bergerak ke arah Barat Laut.

"Diperkirakan potensi Bibit Siklon Tropis 99W tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan juga dalam kategori rendah," paparnya.

Ia mengatakan, Bibit Siklon Tropis itu memiliki dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang, dan gelombang tinggi.

Ia memaparkan, Bibit Siklon Tropis 91P berpotensi menyebabkan hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Maluku.

Selain itu, lanjut dia, Bibit Siklon Tropis 91P juga menyebabkan gelombang tinggi 1,25-2,5 meter di perairan selatan Kep. Wakatobi, Laut Banda bagian utara, Laut Seram bagian timur, perairan selatan P. Buru hingga P. Seram, perairan Kep. Kai hingga Kep. Aru, dan Laut Arafuru bagian timur hingga selatan Merauke.

Sementara Bibit Siklon Tropis 99W, Guswanto menyampaikan, berpotensi menyebabkan gelombang tinggi 1,25-2,5 meter di Laut Sulawesi, perairan utara dan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku bagian selatan, perairan utara Manokwari hingga Jayapura, dan Samudera Pasifik utara Papua.

Gelombang lebih tinggi 2,5-4 meter berpotensi terjadi di perairan Kep. Sangihe, perairan selatan Kep. Talaud, perairan Bitung hingga Kep. Sitaro, Laut Maluku bagian utara, perairan Kep. Halmahera bagian utara, Laut Halmahera, perairan Raja Ampat bagian utara, dan Samudera Pasifik utara Papua Barat.

Sedangkan gelombang tinggi 4-6 meter berpotensi terjadi di perairan utara Kep. Talaud, dan Samudera Pasifik utara Halmahera.
​​​​​
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem 17-23 Februari di Sulsel

Baca juga: BMKG: Aktivitas Sesar Kendari picu gempa di Konawe pukul 15.33 WITA

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023