Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Sota, Merauke, Papua Selatan, yang memberikan layanan kesehatan tidak hanya kepada masyarakat Indonesia tetapi juga terhadap masyarakat Papua Nugini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Melkiades mengatakan Puskesmas Sota berkontribusi dalam memberikan layanan kesehatan di daerah perbatasan.

"Tenaga kesehatan Puskesmas Sota menjalani pekerjaan ekstra ini tentunya menyita energi dan biaya yang mereka miliki, mengurus berbagai hal yang ternyata bukan cuma dari dana yang ada," kata Melkiades.

Baca juga: Anggota DPR: RUU kesehatan akomodasi pengobatan tradisional

Apa yang disaksikan oleh Komisi IX, terkait tugas yang dilaksanakan oleh nakes Puskesmas Sota akan menjadi bahan diskusi Komisi IX DPR dengan Kementerian Kesehatan, untuk memperjuangkan aspirasi nakes, utamanya terkait apresiasi kepada para nakes yang bertugas di daerah perbatasan.
 
"Tentunya kami akan membahas dengan Kemenkes untuk mencari apakah ada semacam insentif atau penghargaan kepada teman-teman nakes yang bekerja di daerah perbatasan negara seperti di Puskesmas Sota ini," kata Melkiades.
 
Menurut Melkiades, apa yang sudah dikerjakan oleh nakes di Puskesmas Sota layak mendapat penghargaan dari negara. Melayani kesehatan masyarakat tidak hanya Indonesia tapi juga masyarakat Papua Nugini.
 
"Tentunya ini akan kami carikan mekanismenya, regulasinya yang tepat sehingga nanti bisa memenuhi aspirasi yang disampaikan nakes yang ada di Puskesmas Sota," ujarnya.
 
Dalam kunjungan tersebut, Komisi IX DPR RI juga melakukan dialog dengan para tenaga kesehatan Puskesmas Sota.
 
Ia juga menyampaikan, akan ada bantuan fasilitas kesehatan dari pemerintah pusat kepada puskesmas yang ada di daerah, salah satunya laboratorium ultrasonograhphy (USG) seperti yang dibutuhkan Puskesmas Sota.

Fasilitas kesehatan ini dibutuhkan Puskesmas Sota untuk melayani ibu hamil dalam memeriksakan perkembangan janinnya.

"Memang rencananya USG ini akan diberikan kepada seluruh Puskesmas di Indonesia, termasuk yang di Sota ini. Memang ini soal waktu saja, tapi tahun ini dipastikan pasti akan terkirim ke berbagai Puskesmas termasuk Puskesmas Sota," kata Melkiades menegaskan.
 
Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi mengapresiasi dedikasi tenaga kerja kesehatan Puskesmas Sota.

Ia mengatakan bahwa sangat sulit mencari tenaga kesehatan yang mau ditempatkan di daerah perbatasan seperti di Puskesmas Sota yang berbatasan langsung antara Indonesia – Papua Nugini.

"Kami apresiasi mereka (nakes) yang mau ditempatkan di daerah perbatasan ini, kesejahteraan mereka juga harus lebih diperhatikan agar mereka juga bisa nyaman dalam memberikan pelayanan," kata Nurhadi menambahkan.

Baca juga: Komisi X DPR RI bahas RUU Kepariwisataan di Bali
Baca juga: Anggota DPR: Temuan dugaan aliran sesat perlu jadi perhatian bersama
Baca juga: DPR sebut kenaikan biaya haji tidak bisa dihindari

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023