Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo mengatakan Indonesia semakin matang untuk menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap dunia.

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet itu, hal tersebut senada dengan suksesnya sejumlah gelaran kejuaraan balap internasional seperti Superbike World Championship (WSBK), MotoGP, hingga Formula E beberapa waktu lalu.

“Ini seperti Presiden (Joko Widodo), dimana beliau juga memiliki tekad kuat bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah kejuaraan balap dunia, baik roda dua maupun roda empat, dan baik di aspal maupun di tanah,” kata Bamsoet dalam Rakernas 2022 IMI di Jakarta, Sabtu.

Tahun 2023 pun ia nilai merupakan tahun yang tepat bagi Indonesia untuk unjuk gigi terkait kesiapan berbagai kejuaraan otomotif.

Kejuaraan dunia perahu cepat atau F1 Powerboat yang diselenggarakan di kawasan Danau Toba pada 24 -26 Februari akan menjadi pembuka rangkaian kompetisi balap internasional di Indonesia.

Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi tuan rumah bagi FIM Superbike World Championship (WSBK) 2023 pada 3-5 Maret, diikuti dengan Formula E di Jakarta pada 3-4 Juni.

Pada bulan yang sama, MXGP Samota, Sumbawa akan digelar pada tanggal 25, dan pada 2 Juli 2023 di Lombok.

Selain itu, Mandalika akan kembali disambangi oleh para pebalap MotoGP dunia pada 15 Oktober.

Selanjutnya, Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 di Danau Toba dijadwalkan digelar dalam dua putaran. Balapan pertama adalah putaran ketujuh pada 22 hingga 23 September dan balapan kedua pada ronde kesembilan pada 24 hingga 26 November.

“Kami berkeinginan kuat tahun ini APRC di Medan sukses dan mendorong World Rally Championship agar bisa digelar di Indonesia. Ini sudah dimatangkan,” kata Bamsoet.

“Selain itu, presiden juga mendorong kita untuk segera lakukan lobi agar bisa mengadakan F1 di Indonesia. Pembicaraan awal masih alot, masih dimungkinkan untuk 2025, tapi kami masih lobi dan negosiasi agar bisa (terlaksana) di 2024,” imbuh Ketua MPR itu.


Baca juga: Dua pebalap Indonesia pentas di Kejuaraan Dunia Motocross Junior 2023
Baca juga: Bamsoet ajak komunitas otomotif bantu pulihkan perekonomian bangsa
Baca juga: IMI pastikan terlibat penyelenggaraan Formula E Jakarta 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023