Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton mengatakan dirinya cukup percaya diri dengan mobil barunya untuk Formula 1 musim 2023, W14, seusai melakukan uji performa mobil itu di Sirkuit Silverstone.

"Sangat menyenangkan untuk bangun dan berlari dengan W14. Itu selalu merupakan momen yang sangat dinantikan oleh semua orang di pabrik yang telah bekerja sangat keras. Saya sangat berterima kasih atas semua upaya yang telah dilakukan," kata juara dunia tujuh kali itu, dikutip dari laman resmi F1, Sabtu.

Lebih lanjut, pengujian W14 nantinya juga akan dilakukan di Sirkuit Internasional Bahrain pada minggu depan.

"(Pengujian) Hari ini mulus. Kami melewati program yang bagus, dan kami mendapatkan beberapa temuan yang berguna. Saya merasa nyaman di dalam mobil dan saya bersemangat untuk pergi ke Bahrain," ujar Hamilton.

Sependapat, pebalap Mercedes lainnya yakni George Russel mengatakan mobil yang ia kendarai cukup lincah di beberapa kondisi trek dan cuaca.

"Sangat menyenangkan bisa berada di jalur yang benar dengan W14. Di luar sana sangat dingin dan berminyak, tetapi mobil berjalan mulus, dan kami menyelesaikan semua putaran yang diizinkan," ungkap Russel.

"Kami tahu tes pramusim di Bahrain akan menjadi tes nyata pertama dari mobil tersebut. Namun demikian, (W14) terlihat bagus di sirkuit dan saya mendapatkan impresi berkendara yang baik dari dalam mobil sejauh ini," imbuhnya.

Direktur Rekayasa Trackside Mercedes Andrew Shovlin juga melaporkan "awal yang solid" saat tim berusaha untuk kembali ke jalur kemenangan reguler dan menjadi penantang gelar dengan mesin terbaru mereka.

"Kami menyelesaikan (jarak) 100km yang diizinkan tanpa masalah apapun, dan kedua pebalap telah mampu memberi kami penilaian yang baik tentang kesan pertama mereka terhadap mobil ini," katanya.

"Bahrain akan sangat berbeda dengan Silverstone yang dingin dan basah, tapi semuanya tampak bekerja dengan baik. Mudah-mudahan kami dapat mulai bekerja minggu depan dan memaksimalkan tiga hari pengujian pramusim yang kami miliki," imbuhnya.



Baca juga: Ocon bidik kemenangan meski baru sembuh dari penyakit paru-paru
Baca juga: Alpine A523 lengkapi jajaran mobil baru F1 2023
Baca juga: Mick Schumacher incar kursi pebalap utama musim 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023