Jakarta (ANTARA) - Murdaya Po menaruh harapan besar kepada ketua umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) periode 2023-2027 yang akan dipilih pada hari kedua musyawarah nasional (munas) 2023 di Intercontinental Jakarta Pondok Indah, Selasa (21/2).
​​​​​
"Saya berharap apa yang saya lakukan selama delapan tahun terakhir dapat diteruskan dan dikembangkan lebih maju lagi. Sebab, pembinaan pegolf butuh waktu yang panjang," kata Murdaya disela pembukaan munas PB PGI 2023 di Intercontinental Jakarta Pondok Indah, Senin.

PB PGI tengah mencari ketua umum baru untuk menggantikan Murdaya Po yang selama dua periode terakhir memimpin induk organisasi cabang olahraga ayun stik, tepatnya 2014-2018 dan 2018-2022.

​​​Murdaya tidak dapat kembali mencalonkan diri sebagai ketua umum karena sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PB PGI batas maksimal yakni dua periode.

Ada tiga nama bakal calon yang mendaftar sebagai ketua umum PB PGI periode 2023-2027 yakni Boy Rafli Amar, Ahmad Sahroni, dan Japto Soerjosoemarno.

Baca juga: Tiga nama daftar bakal calon ketua umum PB PGI periode 2023-2027

Murdaya mengungkapkan ketua umum PB PGI selanjutnya memiliki tantangan. Salah satunya lebih menyadarkan masyarakat bahwa golf adalah olahraga prestasi.

Sejauh ini, lanjut Murdaya, dengan beragam program PB PGI, atlet-atlet junior telah bermunculan dan mampu berprestasi di tingkat dunia. Bahkan terus mengejar ketertinggalan dari negara-negara kuat dalam olahraga golf seperti Thailand dan Jepang.

"Dengan penduduk yang mencapai 270 juta jiwa saya percaya Indonesia adalah raksasa yang masih tidur dan akan muncul Tiger Woods asal Indonesia pada masa mendatang," kata Murdaya.

"Kami berharap kepada siapa pun yang terpilih dapat makin mempererat hubungan untuk memajukan olahraga golf Indonesia. Prestasi dapat meningkat dengan pembinaan, pelatihan, serta memberikan kesempatan kepada atlet untuk berlaga di pentas internasional," pungkas Murdaya.

Dalam kesempatan yang sama. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman yang membuka munas PGI 2023 berterima kasih kepada Murdaya yang telah berdedikasi tinggi dalam pembinaan olahraga golf.

"Prestasi olahraga golf saat ini sudah bagus dan saya berharap kepengurusan yang baru nanti menindaklanjuti pembinaan ini sehingga kita atlet andalan dapat mengharumkan Indonesia pada kejuaraan-kejuaraan golf baik single event maupun multievent," ujar Marciano.

Baca juga: PB PGI cari nakhoda baru pengganti Murdaya Po

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023