Jakarta (ANTARA) - Kreator digital Henry Aritonang memaparkan sejumlah tips bagi warganet dalam memahami untuk membuat konten menarik agar sesuai dengan tren yang berkembang di media sosial.

Menurut Henry dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, kreator digital saat ini menjadi profesi yang tren di Indonesia, bahkan dunia, seiring dengan banyaknya platform digital.

Dalam jenisnya, kreator digital dibedakan menjadi dua jenis yakni kreator digital yang berada di depan layar atau vlogger dan kreator digital yang berada di belakang layar atau editor.

Baca juga: MahakaX gandeng kreator konten garap industri konten kreatif

Biasanya, pembuatan konten tersebut mencakup konten suara, foto, video, artikel, desain yang mengandung nilai edukasi, hiburan, bahkan marketing produk dengan target audiens tertentu.

"Seorang kreator digital haruslah dapat memberikan kontribusi dan dampak positif, menginformasikan, menghibur serta mengedukasi," kata Henry ketika ditanya apa tujuannya membuat konten digital.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips maupun skill yang wajib dimiliki oleh kreator digital sebagaimana diungkapkan Henry.

1. Kemampuan Riset

Dalam membuat konten, tentunya penting untuk mempersiapkan bahan konten yang akan dibuat. Oleh sebab itu, seorang kreator digital harus memiliki kemampuan riset yang akurat dan mindset yang tepat agar konten yang dibuat berkualitas.

2. Fleksibel

Sebagai seorang kreator digital, tidak cukup jika hanya menguasai satu jenis konten saja. Perlu untuk memahami beberapa content management untuk dapat mengoptimalisasi konten.

Baca juga: Alasan tiap profesi butuh solusi penyimpanan data yang berbeda

3. Kreativitas

Salah satu skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang kreator digital adalah kreatif. Dalam membuat konten pastinya membutuhkan kreativitas agar konten yang dibuat menarik untuk ditonton.

4. Paham Tren Terkini

Memahami dan mengerti tren yang sedang booming perlu untuk dilakukan sebagai seorang kreator digital. Hal tersebut bertujuan agar ide konten yang dibuat dapat efektif dan mendapatkan banyak audiens.

Selain itu, Henry yang pernah mengelola jasa desain interior selama 14 tahun juga mengatakan pencarian inspirasi merupakan bentuk yang paling umum untuk menemukan ide secara alami. Inspirasi bisa muncul dengan mudah dalam berbagai situasi jika ada sebuah pemikiran dengan cara pandang yang kreatif.

"Cara mendapatkan inspirasi yang sering saya lakukan yaitu jalan-jalan ke suatu tempat yang ramai bahkan alam bebas, atau mendekorasi ruangan kerja dan menjelajahi internet," katanya.

Menurut Henry, membuat konten tidaklah sesulit yang dibayangkan, asal memiliki kreativitas dan warganet konsisten untuk melahirkan karya.

Baca juga: Pakar bagi kiat agar kreator bisa kreatif dan positif di ruang digital

Pewarta: Satyagraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023