Jakarta (ANTARA) - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re mulai menyelenggarakan kegiatan Indonesia Re: Inhouse Basic Life Modul 2023 untuk meningkatkan pemahaman bagi mitra dan pelaku asuransi nasional.
 
Pelatihan tersebut diselenggarakan Indonesia Re bersama dengan lembaga penelitian dan pelatihannya yakni IndonesiaRe Institute. Indonesia Re: Inhouse Basic Life Modul 2023 ini akan menghadirkan sejumlah pelatihan dalam empat pertemuan daring yang diselenggarakan hingga 2 Maret 2023.

Direktur Teknik Operasi Indonesia Re Delil Khairat menjelaskan Indonesia Re secara rutin mengadakan berbagai pelatihan untuk mendukung mitra asuransi dalam meningkatkan dan membarui pengetahuan atau perkembangan di industri.

Pelatihan-pelatihan itu, jelas dia, dilakukan mulai dari tingkat dasar atau basic hingga level advance baik di industri asuransi jiwa maupun asuransi umum. Pembaruan pengetahuan, tegas Delil, menjadi hal penting bagi peningkatan industri asuransi dan reasuransi di dalam negeri.

“Kami secara konsisten selalu menyelenggarakan training basic seperti ini karena yakin bahwa apa yang akan membuat bisnis atau industri asuransi terus relevan ke depan adalah knowledge,” ujarnya di sela-sela pembukaan Indonesia Re: Inhouse Basic Life Modul 2023, Selasa (21/2/2023).

Delil memerinci, pembaruan pengetahuan ini pun menjadi penting di tengah menurunnya persepsi publik terhadap asuransi yang mungkin disebabkan oleh beberapa kasus yang tidak mencerminkan keseluruhan industri.

Indonesia Re, kata Delil, meyakini bahwa peningkatan apresiasi publik terhadap asuransi menjadi tanggung jawab pelaku industri sendiri.
“Dan modal utama untuk menaikkan itu adalah knowledge. Salah satunya dengan penyelenggaraan inhouse basic modul ini.”

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan dan Teknologi Informasi Indonesia Re Beatrix Santi Anugrah menjelaskan melalui Inhouse Basic Life Modul 2023, pihaknya bersama berharap para mitra bisa melihat perkembangan industri dan juga mengambil langkah tepat untuk menghadapinya.

“Harapannya kita bisa melihat pemahaman yang berkembang di industri asuransi, hal-hal yang perlu disiasati sebab kita bertanggung jawab pada pertumbuhan dan perkembangan industri asuransi,” jelasnya.

Beatrix pun berharap para peserta bisa membagikan pengetahuan baru tersebut kepada rekan lain di perusahaan atau di industri asuransi nasional.

“Selama dua minggu ke depan, teman-teman akan menimba ilmu. Ini hal baik yang bisa dimanfaatkan untuk memperkaya diri kita. Saya berharap hal-hal yang baik ini dapat dibagikan kepada rekan-rekan lain di Industri.”

Beatrix pun memastikan Indonesia Re akan terus menyelenggarakan pelatihan-pelatihan berikutnya untuk mendukung ceding companies dan mitra bisnis lainnya. Bahkan, pihaknya membuka diri kepada para ceding yang ingin mengajukan tema pelatihan yang relevan bagi perkembangan industri terkini.

“Kami berharap ini bukan yang terakhir, masih ada training-training kami berikutnya.

Adapun, Indonesia Re: Inhouse Basic Life Modul 2023 dibuka pada hari ini, Selasa, 21 Februari 2023, dan dilanjutkan dengan dua sesi yakni “Prinsip Umum Asuransi & Reasuransi Jiwa” serta “Dasar & Metode Underwriting”.

Pelatihan hari kedua digelar pada Kamis, 23 Februari 2023 dengan dua sesi yakni “Analisa SPAJ & Kuesioner Underwriting” dan “Interpretasi Dokumen Medis Sederhana”.

Sesi kelima dan keenam digelar pada Kamis, 28 Februari 2023, dengan mengangkat dua tema lainnnya yakni “Metode Reasuransi” dan “Seleksi Risiko Group”.

Pelatihan hari terakhir dihelat pada Kamis, 2 Maret 2023, dengan menghadirkan sesi “Basic Claim Assessment” dan Financial Underwriting”.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023