Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo menggelar promosi Indonesia di Wisma Duta pada Rabu sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan 65 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang.

Kegiatan promosi yang dilakukan antara lain peragaan busana Nusantara dan jajanan kuliner Indonesia.

Pada pertemuan tersebut juga dilakukan demonstrasi pembuatan Sogetsu Ikebana atau seni merangkai bunga Jepang sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Jepang.

"Dalam rangka memperingati HUT ke-65 hubungan Indonesia-Jepang, KBRI Tokyo mengadakan berbagai kegiatan, antara lain Indonesia-Japan Friendship Day di lebih dari 13 kota di Jepang mulai Januari hingga Desember 2023," kata Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Harapan saya, kegiatan hari ini bisa memperkuat saling pengertian antara Indonesia dan Jepang,” tambah dia.

Indonesia, lanjut Heri, juga akan mengadakan promosi kuliner Indonesia selama sebulan penuh di Tokyo pada April nanti.

Pada ajang peragaan busana itu, ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo mengenakan berbagai setelan tradisional Indonesia, seperti batik Jambi, songket Palembang, dan kain tapis khas Lampung.

Selain menampilkan peragaan busana wastra Indonesia, acara tersebut juga menampilkan peragaan busana dari perancang Jepang, Hatsumi Yoshida. Karya busana dari perancang Yoshida itu menggunakan bahan daur ulang paduan material alam Indonesia.

Beberapa karya dari perancang busana Yoshida yang tampil dalam peragaan busana hari itu di antaranya adalah kalung, topi dan busana nasional Indonesia, yaitu kebaya.
Baca juga: KBRI Tokyo promosikan kopi Indonesia kepada warga Jepang
Baca juga: KBRI Tokyo: Pentingnya pemahaman budaya antara warga RI dan Jepang
Baca juga: Indonesia-Japan Friendship Day 2023 perdana digelar di Kota Hamamatsu

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023