Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno menilai bisnis platform live streaming telah menjadi ruang komersial baru yang menjanjikan lantaran membuka peluang bagi pengguna untuk memperoleh pendapatan.

"Dalam perkembangan teknologi yang pesat saat ini, bisnis platform live streaming telah menjadi ruang komersial baru yang menjanjikan," ujar Sandiaga dalam rilis pers yang diterima, Kamis.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan pada acara Nimo TV Gala 2022 yang digelar di Bali, Rabu (22/2).

Sandiaga mengatakan platform live streaming telah menjadi sumber pendapatan bagi setiap pengguna. Selain itu, platform tersebut juga dapat memberikan layanan hiburan bagi masyarakat.

Sandiaga pun mengapresiasi Nimo TV yang menghadirkan malam penghargaan untuk para kreator konten dan mitra yang telah berkontribusi bagi industri live streaming di Indonesia sepanjang 2022.

Baca juga: Pengawasan siaran langsung medsos di China semakin ketat

Nimo TV, kata dia, telah berinisiatif untuk memberikan penghargaan bagi para kreator konten yang memiliki kreativitas dan kesadaran tinggi terhadap pentingnya beradaptasi pada tren terbaru serta pandai mengambil peluang untuk menampilkan konten yang segar, menarik, dan bermanfaat bagi penonton.

"Kami juga berharap acara ini dapat memotivasi dan menginspirasi seluruh kreator konten yang ada di Indonesia, selalu menciptakan konten yang kreatif, menarik dan tentunya bermanfaat bagi ekonomi dan kemajuan bangsa Indonesia," kata dia.

Nimo TV menyelenggarakan sejumlah acara bergengsi bagi kreator konten untuk memperebutkan sejumlah penghargaan, dengan total 11 kategori penghargaan dan 19 pemenang.

Di antaranya Most Popular Female dan Male Host 2022 yang paling banyak ditonton dimenangkan oleh Jel dari agensi LUX dan iFish dari agensi X45. Agensi LUX dan Beauty Flamingo masing-masing memenangkan Best Agency 2022 dan Top Creative Agency.

Nimo TV Gala 2022 dihadiri para kreator konten, termasuk streamer gim populer yaitu Donkey, Marsha dan Ceyii.

Wakil Presiden Nimo TV Toby Zeng mengatakan bahwa tahun 2022 adalah tahun yang luar biasa bagi Nimo TV. Pihaknya telah melakukan penyesuaian besar dalam strategi Nimo TV, dari awalnya fokus gim live streaming hingga pengembangan pan-entertainment live streaming. Konten pun akan lebih kaya dan beragam.

Toby mengatakan proses tersebut tidak mudah, tetapi Nimo TV berhasil merangkul perubahan dan menyajikan konten entertainment yang menarik. Di tahun 2023, kata dia ,Nimo TV akan mengembangkan lebih lanjut ekosistem live streaming untuk pengguna setia, pengguna berbayar, kreator konten, dan seluruh mitra.

"Selanjutnya, kami akan terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Nimo TV akan memberikan dukungan penuh dan berbagai manfaat kepada seluruh kreator konten di dalamnya serta memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna aplikasi," kata Toby.

Nimo TV pun berkomitmen menghadirkan kategori konten yang semakin beragam dan menghibur, termasuk live streaming di luar ruangan, bersosialisasi di jejaring sosial, program just chatting, dan voice room.

Baca juga: Nimo TV hadirkan penghargaan untuk kreator konten dan mitra terbaik

Baca juga: Nimo TV catat pertumbuhan minat live streaming dan eSport

Baca juga: Nostra catatkan 75 juta pengguna aktif bulanan untuk "online gaming"

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023