Jakarta (ANTARA) - Pengembang dan penerbit gim Free Fire, Garena, resmi mengumumkan turnamen global Free Fire World Series akan kembali hadir pada November 2023 dengan skema baru.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat, Garena juga mengumumkan akan menghadirkan turnamen baru bernama Free Fire SEA Invitationals pada Mei 2023.

Kedua turnamen tersebut akan mempertemukan para juara Free Fire dari berbagai penjuru dunia, termasuk juara Free Fire Master League Season 7 yang akan segera digelar di Indonesia.

Free Fire SEA Invitationals (FFSI) akan menjadi kompetisi yang menghadirkan pertarungan sejumlah region kompetitif.

Kompetisi tersebut akan digelar pada Mei 2023 sepanjang tiga pekan dan mempertemukan 18 tim dari wilayah MCPS, Vietnam, Indonesia, Thailand, Eropa, MEA, Taiwan, dan Pakistan.

Turnamen internasional baru dari Free Fire Esports tersebut juga akan hadir dengan format baru yang lebih menantang dengan adanya dua fase, yaitu Group Stage dan Grand Finals.

Pada fase Group Stage, 18 tim akan bertarung selama dua pekan untuk mengamankan posisi 12 besar agar bisa lolos ke Grand Finals.

Baca juga: Babak kualifikasi Free Fire Master League Season VII segera dimulai

Seluruh tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Akan ada total enam pertandingan dengan setiap pertandingan mempertemukan dua Grup di babak Group Stage.

Berbeda dengan gelaran turnamen internasional Free Fire sebelumnya, kini laga Grand Finals akan digelar lebih panjang dengan format liga.

Sebanyak 12 tim yang lolos dari Grup Stage akan bertanding selama selama tiga hari total 18 round pertandingan atau enam round pertandingan per hari.

Tim dengan akumulasi poin tertinggi dari 12 tim tersebut ditahbiskan sebagai juara. Format kompetisi dan durasi kompetisi yang lebih panjang diharap akan membuat turnamen Free Fire lebih ketat dan lebih menantang.

Sebagai tahapan menuju FFSI pada Mei 2023, Free Fire Esports akan mencari tim terbaik yang layak mewakili Indonesia melalui Free Fire Master League Season 7.

Turnamen ini akan siap digelar mulai 3 Maret 2023 dan akan mempertemukan 18 tim terkuat di kancah kompetisi Free Fire Indonesia, termasuk tim yang tak asing lagi, seperti EVOS Divine, RRQ Kazu, dan sang juara FFML Season VI Divisi 1, SES Alfaink.

Baca juga: Dewa United dan tiga tim lainnya amankan tempat di FFML Season 7

Komposisi 18 tim tersebut, terdiri dari 11 FFML Season VI Divisi 1, 3 tim FFML Season VI Divisi 2, dan 4 tim dari babak Kualifikasi FFML Season 7.

Format kompetisi ini nantinya juga akan melalui dua fase, yakni Regular Season dan Grand Finals. Regular Season digelar dengan format grup dan akan mencari 12 tim terbaik untuk lolos ke Grand Finals.

Gelar juara akan diberikan kepada tim yang mampu menjadi pemuncak klasemen di Grand Finals. Sang juara dan tiga tim lain yang berhasil finis di top four mewakili Indonesia di FFSI.

Sementara itu, seri kompetisi ikonik Free Fire World Series (FFWS) akan kembali hadir pada November 2023.

Sebagai turnamen dengan kasta tertinggi di dunia Free Fire Global, FFWS 2023 akan mempertemukan tim terbaik kuat dari berbagai wilayah, termasuk dari Brazil dan Amerika Latin.

Baca juga: Dante dan Nero dari Devil May Cry 5 akan hadir di Free Fire
Baca juga: Free Fire hadirkan patch dan kolaborasi global terbaru awali 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023