Jakarta (ANTARA) - Real Betis bangkit dari tertinggal dua gol untuk menghantam tuan rumah Elche dengan skor 3-2, pada pertandingan jornada ke-23 Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion Manuel Martinez Valero, Elche, Sabtu dini hari WIB.

Hasil positif tersebut membuat Betis memasuki zona Eropa yakni posisi kelima dengan 40 poin. Sedangkan kekalahan beruntun ketiga bagi Elche memaksa mereka semakin terbenam di dasar klasemen dengan sembilan poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Elche memperlihatkan tanda-tanda positif untuk mengakhiri rentetan kekalahan beruntun pada fase awal pertandingan. Pada menit ketujuh mereka mendapatkan hadiah penalti, setelah Abner melanggar Tete Morente di kotak penalti Betis. Fidel yang menjadi eksekutor Elche melakukan tugasnya dengan sempurna saat mengecoh kiper Claudio Bravo untuk membawa tuan rumah memimpin.

Berselang dua menit kemudian, atau pada menit kesembilan, Elche menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Lucas Boye yang menjadi pencetak gol untuk Elche melalui sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti.

Tertinggal dua gol membuat Betis lebih aktif menyerang. Beberapa peluang didapatkan Verdiblancos, namun tidak ada lagi gol tercipta sampai wasit meniup peluit turun minum.

Baca juga: Real Betis teruskan tren bagus dengan taklukkan Real Valladolid 2-1
Baca juga: Real Madrid taklukkan Osasuna 2-0 untuk dekati Barcelona


Pada babak kedua, Betis terus berusaha mencetak gol balasan. Malapetaka untuk Elche lantas terjadi pada menit ke-57. Mereka harus kehilangan Lisandro Magallan yang tangannya kedapatan mengenai bola. Sedangkan pemain Elche lainnya yang tidak bermain, Pape Cheikh Diop, juga harus mandi lebih cepat karena dinyatakan melakukan pelecehan verbal kepada wasit.

Betis yang unggul jumlah pemain lantas mendapat hadiah penalti pada menit ke-65, setelah Morente melanggar Ayoze Perez di kotak terlarang. Algojo Betis Borja Iglesias kemudian mampu mengecoh kiper Edgar Badia untuk membawa timnya memperkecil ketertinggalan.

Memasuki menit ke-68, Betis mampu menyamakan kedudukan. Kali ini Juan Miranda yang menjadi pencetak gol melalui sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Betis kemudian mendapat hadiah penalti pada menit ke-88 akibat tangan Enzo Roco mengenai bola di kotak penalti. Sayangnya kali ini Iglesias yang kembali menjadi algojo gagal menaklukkan kiper Badia.

Drama benar-benar mencapai puncaknya pada menit ke-94. Enzo Roco kembali kedapatan mengenai bola dengan tangannya di kotak penalti yang membuatnya diusir wasit keluar lapangan, sekaligus memberi hadiah penalti kepada Betis. Kali ini eksekusi penalti diambil oleh Willian Jose, yang sukses menaklukkan kiper Badia untuk mengubah skor akhir menjadi 3-2 bagi keunggulan Betis.

Daftar susunan pemain:

Elche: Edgar Badia, Helibelton Palacios, Enzo Roco, Lisandro Magallan, Tete Morente (Diego Gonzalez 66'), Omar Mascarell, Gerard Gumbau (Raul Guti 75'), Carlos Clerc (Lautaro Emanuel Blanco 75'), Ezequiel Ponce (Josan 74'), Fidel Chavez (Nicolas Ezequiel Fernandez 81'), Lucas Boye

Real Betis: Claudio Bravo, Aitor Ruibal, German Pezzella, Luiz Felipe (Victor Ruiz 81'), Abner Vinicius (Juan Miranda 46'), Andres Guardado, William Carvalho, Luiz Henrique (Joaquin 46'), Nabil Fekir, Juanmi (Borja Iglesias 46'), Ayoze Perez (William Jose 85')

Baca juga: Kalahkan Real Betis 2-1, Barcelona kukuh di puncak klasemen

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023