Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Jokowi sebut FIFA turut wakili kepercayaan internasional terhadap IKN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut otoritas sepak bola dunia, FIFA, turut mewakili kepercayaan internasional terhadap proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara lewat bantuan pembiayaan untuk pusat latihan sepak bola nasional.

Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau kawasan proyek sub wilayah perencanaan 1B IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, guna menetapkan titik lokasi pembangunan pusat latihan tersebut.

Selengkapnya klik di sini.

Jokowi perintahkan stok beras aman jelang Ramadhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menteri dan pimpinan lembaga terkait untuk memastikan stok beras cukup menjelang momentum peningkatan permintaan pada Ramadhan.

"Arahan presiden, masuk puasa, lebaran, barang sudah ada. Jadi, beliau agak keras untuk memastikan stok itu ada," kata Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Wapres tanggapi aparatur negara bergaya hidup mewah

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan sikap oknum aparatur negara yang memamerkan gaya hidup mewah dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan publik.

Hal itu disampaikan Wapres menyikapi adanya pemberitaan tentang gaya hidup mewah dari seorang pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan keluarganya yang mendapat banyak kecaman publik.

Selengkapnya klik di sini.

Sandiaga Uno harap pelaku UMKM semakin mengglobal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat mengembangkan usahanya semakin luas ke pasar internasional, salah satunya dengan menerapkan digitalisasi.

"Pelaku ekonomi kreatif dapat memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru," kata Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

UII periksa dugaan indisipliner dosen ubah rute penerbangan ke AS

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta akan memeriksa dugaan indisipliner tindakan Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), dosen yang mengubah rute perjalanan pulang ke Amerika Serikat (AS) tanpa pemberitahuan.

"Tindakan AMRP mengalihkan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa pemberitahuan kepada UII sejak 12 Februari 2023 patut diduga sebagai tindakan indisipliner karena telah meninggalkan tanggung jawab yang menyebabkan dampak terhadap tata laksana organisasi," kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

BNPT perluas kerja sama pencegahan terorisme dengan Abpednas

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI memperluas kerja sama pencegahan terorisme dengan menggandeng Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) dan Pemuda Panca Marga.

"Nota kesepahaman ini berkaitan dengan program pencegahan seperti kontra radikalisasi, kesiapsiagaan nasional hingga deradikalisasi," kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023