Makassar (ANTARA) - Pemerintah Sulawesi Selatan turut menggeliatkan pariwisata Kabupaten Enrekang dengan bantuan keuangan senilai Rp8 miliar serta penanganan sejumlah ruas jalan Kabupaten Tahun Anggaran 2022.

Berdasarkan keterangan rilisnya di Makassar, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meninjau Kawasan Emas Andalan 360° sebagai salah satu destinasi di Kabupaten Enrekang.

"Alhamdulillah, bersama Bupati, Bapak Muslimin Bando dan Wakil Bupati, Bapak Asman mengunjungi Kawasan Emas Andalan 360°, di Kabupaten Enrekang," ujarnya.

Gubernur Sulsel berjalan menyisir sejumlah fasilitas pendukung dalam kawasan wisata ini. Dalam pengembangan kawasan ini, di antaranya jalan dalam kawasan wisata, cottage, menara pandang, coffee shop, mushola,  landmark, dan Ampi Theater.

"Kini telah hadir beberapa fasilitas untuk spot foto dikelilingi pemandangan alam pegunungan yang indah, dibangun beberapa penginapan, dan fasilitas lainnya. Termasuk akses jalan masuk," ungkapnya.

Kawasan Emas Andalan 360°, ini berada di Kecamatan Anggareja, Kabupaten Enrekang. Lokasinya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Enrekang. Dilokasi ini kita disajikan pemandangan alam pegunungan yang indah di sekelilingnya.

"Lokasinya tidak jauh dari jalan poros Enrekang. Mari kita dukung wisata lokal, jika mau melintas ke Toraja, jangan lupa mampir ke Kawasan Emas Andalan 360°,. Bisa melihat pemandangan Gunung Bambapuang dan Gunung Nona," kata dia.

Gubernur Sulsel pun mengapresiasi gerak cepat Pemkab Enrekang yang merealisasikan bantuan keuangan ini.

"Kita harap dengan hadirnya fasilitas pengembangan wisata ini, dapat menggeliatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar," jelasnya.

Baca juga: Dispar Sulsel dorong pemkab kembangkan destinasi baru

Baca juga: GIPI Sulsel ajak pemangku kepentingan fokus kembangkan wisata daerah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023