mendukung akselerasi tercapainya target pemerintah dalam bidang penyediaan air bersih dan ketahanan energi baru terbarukan
Surabaya (ANTARA) - Perum Jasa Tirta (PJT) I menggelar lokakarya dan pertemuan karyawan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang pengelolaan sumber daya air (SDA) dan pengelolaan keuangan.

Direktur Utama PJT I, Milfan Rantawi dalam keterangannya diterima di Surabaya, Minggu, mengatakan kegiatan bertema "Berkolaborasi Dalam Akselerasi" dilakukan karena perusahaan yang berusia 33 tahun didirikan dengan tujuan utama untuk menjalankan tugas dalam memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam pengelolaan SDA.

"Dalam perkembangannya perusahaan terus berkembang dan bertransformasi. Tidak hanya dari sisi teknologi informasi, namun juga dari sisi SDM dan proses bisnis. PJT I terus berupaya mengoptimalkan aset yang dimiliki untuk mendukung akselerasi tercapainya target pemerintah dalam bidang penyediaan air bersih dan ketahanan energi baru terbarukan," kata dia.

"Beragam upaya transformasi kami tempuh dengan mengoptimalkan potensi yang kami miliki. Baik potensi tangibel maupun intangibel dengan tetap mengedepankan pelayanan bagi masyarakat," tambah Milfan.

Milfan juga menyampaikan bahwa pertemuan karyawan tahun ini menggabungkan dua konsep acara yang cukup berbeda. Acara lokakarya yang biasanya bernuansa formal, dikolaborasikan dengan konser hiburan berbagai artis yang bernuansa ceria dan menghibur.

Tujuannya untuk menghadirkan sebuah acara yang bersifat edukatif namun menarik untuk diikuti oleh seluruh karyawan.

Milfan mendoakan kebersamaan yang ada dalam momentum tersebut, dapat terus terbawa hingga di setiap sudut wilayah penugasan para karyawannya.

Baca juga: Jasa Tirta: Pembukaan Bendungan Gajah Mungkur sudah sesuai pedoman

Baca juga: BUMN Perum Jasa Tirta II dukung Jatiluhur International Triathlon


"Karena dengan kolaborasi, maka semua hal yang berat akan dipikul bersama. Sehingga PJT I yang merupakan rumah kita bersama ini dapat terus bertumbuh secara berkelanjutan," kata dia.

Pada lokakarya kali ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. Muhammad Rizal, M.Sc selaku Direktur Bina Teknik dan Personal Financial Management, Prita Ghozie.

Materi lokakarya pertama membahas tentang “Peran Institusi Pengelola Sumber Daya Air dalam Mewujudkan Ketahanan Air Indonesia 2045 di Tengah Permasalahan Global”.

Dalam paparannya, Muhammad Rizal menjelaskan pentingnya peran institusi seperti PJT I dalam sistem pengelolaan SDA. Sebagai BUMN, PJT I harus lebih baik dalam mengelola air serta mengoptimalkan manfaat air secara berkeadilan.

Materi selanjutnya dari Prita Ghozie dengan bahasan mengenai “Plan your Financial Balance”.

Dalam paparannya, Prita memberikan pemahaman bagaimana merencanakan finansial, antara lain tentang perlunya memiliki persediaan kas, pengelolaan utang konsumtif, pengelolaan prioritas alokasi keuangan, pentingnya berinvestasi serta prioritas bahagia dan sejahtera.

Baca juga: Telkomsigma siapkan layanan cloud perkuat bisnis Perum Jasa Tirta I

Baca juga: Jasa Tirta I catat 17 titik tanggul yang rawan longsor di DAS Brantas

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023