Jakarta (ANTARA) - Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta meraih tiga besar universitas swasta terbaik 2023 dari The AppliedHE Private University Ranking: ASEAN+.

Rektor Untar Prof Dr Agustinus Purna Irawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, menyampaikan bahwa hasil penilaian The AppliedHE Private University Ranking ini merupakan pengakuan internasional atas kinerja Untar sebagai sebuah perguruan tinggi terbaik bukan saja di tingkat nasional namun juga internasional.

"Tentu hasil ini merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Untar yang selalu berupaya untuk beradaptasi dengan perkembangan global serta memiliki semangat memberikan yang terbaik bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Universitas Tarumanagara dorong dosen untuk magang ke industri

Ia menambahkan, hal istimewa adalah Untar baru pertama kali masuk The AppliedHE Private University Ranking namun langsung meraih tiga universitas swasta terbaik menyaingi kampus-kampus lain yang lebih dulu ikut serta.

"Ini memperkuat bukti bahwa Untar adalah universitas swasta terbaik di Indonesia," katanya.

Hasil penilaian yang dikeluarkan Kamis (23/2), menempatkan Untar di ranking ketiga dari universitas-universitas swasta yang berada di wilayah Asia Tenggara ditambah negara Asia lainnya yaitu Azerbaijan, Bangladesh, Hong Kong, Kazakhstan, dan Taiwan (ASEAN Plus).

Baca juga: Mahasiswa Untar raih gelar juara di ajang ICAEW SEA 100

Lembaga itu menilai universitas swasta berdasarkan teaching and learning, employability, research, community engagement, internationalization, dan institutional reputation.

Menurut dia, hasil penilaian dari The AppliedHE Private University menambah pengakuan internasional atas kinerja Untar setelah sebelumnya pada tahun yang sama menerima bintang empat dari QS Rating.

Baca juga: Universitas Tarumanagara targetkan masuk peringkat 500 Asia

Selain itu, hasil penilaian dari The AppliedHE Private University menambah pengakuan internasional atas kinerja Untar setelah sebelumnya di tahun yang sama menerima bintang empat dari QS Rating.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023