Jakarta (ANTARA) - Organisasi otonom bagi wanita Muhammadiyah, PP 'Aisyiyah menerima hibah buku bertema kesehatan sebanyak 3.328 eksemplar dari The Asia Foundation dalam rangka kerja sama penguatan gerakan literasi.

"Setelah mengurus berbagai perizinan, buku ini baru tiba hari ini. Karena ‘Aisyiyah memiliki banyak universitas maupun perguruan tinggi berbasis wawasan kesehatan, buku ini diharapkan dapat memperkaya keilmuan di Universitas-Universitas 'Aisyiyah," ujar Ketua PP ‘Aisyiyah, Masyitoh Chusnan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Universitas Aisyiyah Yogyakarta-Pemkab Gorontalo jalin kerja sama

The Asian Foundation merupakan organisasi pembangunan internasional nirlaba yang berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan di Asia yang dinamis dan berkembang.

Masyitoh menjelaskan hibah ribuan buku kesehatan ini merupakan kelanjutan perbincangan antara The Asia Foundation dengan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah periode 2015-2022, Siti Noordjannah Djohantini.

Ia mengatakan PP Aisyiyah sudah menjalin kerja sama dengan The Asia Foundation sejak tahun 1960-an. Hibah ini merupakan awal dari kerja sama lebih lanjut ‘Aisyiyah dengan The Asia Foundation untuk penguatan gerakan literasi.

Bendahara PP ‘Aisyiyah, Rita Pranawati mengatakan kerja sama antara PP Muhammadiyah dengan The Asia Foundation akan terus berlanjut.

Apalagi, kata dia, The Asia Foundation tengah menguatkan gerakan literasi dan mempunyai buku dalam beragam bahasa, baik bahasa Inggris, Indonesia, Sunda, Batak, Jawa, dll dengan jumlah lebih dari 9.000 buku.

Baca juga: Salmah Orbayinah ditetapkan Ketua Umum PP Aisyiyah 2022-2027

Baca juga: Anggota sidang pleno Muktamar Aisyiyah pilih 7 nama formatur


"Insya Allah akan ada kerja sama dengan Majelis Dikdasmen untuk menguatkan literasi masyarakat ,terutama para anak didik," kata dia.

Sementara itu, Country Representative The Asia Foundation, Hana Satriyo menyebut hibah buku ini merupakan salah satu program Book for Asia yang dilakukan The Asia Foundation.

"Buku-buku yang terkumpul merupakan pemberian dari berbagai penerbit yang bekerja sama dengan The Asia Foundation, salah satunya buku-buku medis dari penerbit Elsevier," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023