Berkat Taman Safari Bogor, Kabupaten Bogor dikenal secara luas sebagai kawasan wisata favorit di dunia
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) memberikan penghargaan berupa Piala Panca Karsa Pariwisata 2022 kepada Taman Safari Indonesia.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Deni Humaedi dalam keterangannya di Bogor, Selasa, menyebutkan bahwa Piala Panca Karsa Pariwisata 2022 merupakan penghormatan Pemkab Bogor kepada Taman Safari Indonesia di Cisarua Bogor atas dedikasi dalam pengembangan wisata berbasis edukasi.

"Kami mengapresiasi eksistensi Taman Safari Bogor dalam pengembangan wisata di Kabupaten Bogor selama puluhan tahun. Berkat Taman Safari Bogor, Kabupaten Bogor dikenal secara luas sebagai kawasan wisata favorit di dunia," kata Deni.

Menurutnya, Taman Safari Indonesia di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor bukan hanya sebagai tempat wisata, melainkan juga wahana edukasi bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal satwa-satwa yang ada di Nusantara.

"Tidak hanya menghibur masyarakat, Taman Safari Bogor juga telah memberikan sumbangsih besar bagi pendapatan daerah Kabupaten Bogor. TSI Bogor juga berkontribusi bagi penghidupan ekonomi kerakyatan Kawasan Puncak. Ini sangat membanggakan," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bogor revitalisasi gedung kesenian jadi pusat ekonomi warga

Baca juga: Pemkab Bogor segera refokusing anggaran karena defisit Rp300 miliar


Di samping itu, Deni mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor sedang berupaya meningkatkan angka kunjungan wisata di daerahnya.

Pihaknya meningkatkan target jumlah wisatawan pada tahun 2023 menjadi 10 juta wisatawan, dari tahun sebelumnya yang hanya delapan juta wisatawan.

"Kami naikkan lagi (targetnya), karena ada beberapa acara besar yang sudah masuk Calender Of Event di pemerintah pusat akan diselenggarakan di Bogor," ungkap Deni.

Menurutnya, peningkatan target kunjungan wisata itu dilakukan mengingat pandemi COVID-19 sudah mereda, dan tahun 2022 pihaknya mampu mencapai target yang ditentukan, yakni delapan juta wisatawan.

Sementara, General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan berterima kasih kepada Pemkab Bogor atas penghargaan yang diberikan.

“Eksistensi Taman Safari Bogor yang terus-menerus melakukan perbaikan tidak terlepas dari dukungan pemerintah, khususnya Pemkab Bogor. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang terus memberi dukungan agar kami tetap profesional memberikan pelayanan terbaik,” kata Emeraldo.

Taman Safari Bogor yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dibangun pada tahun 1986 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare dan memperluas areanya hingga 168 hektare.

Taman Safari Indonesia Bogor ditetapkan sebagai Objek Wisata Nasional oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Soesilo Soedarman pada 1988 dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Menteri Kehutanan Hasyrul Harahap pada tanggal 16 Maret 1990.

Baca juga: Singa tabrak mobil, Sandi minta wisatawan pahami perilaku hewan

Baca juga: Taman Safari Bogor ramai pengunjung, peningkatan hingga 85 persen

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023