Jakarta (ANTARA) - Timnas basket putri langsung menjalani latihan untuk persiapan SEA Games Kamboja 2023 walaupun baru saja pulang menjalani uji coba di Taiwan.

“Training center sudah berjalan dan semua pemain sudah latihan,” kata Asisten Pelatih Timnas Putri July Wong melalui siaran pers Perbasi, Rabu.

July mengatakan uji coba pertandingan di Taiwan membawa efek positif bagi timnas putri. Secara keseluruhan July menilai permainan meningkat, terutama dari sisi pertahanan. Menurutnya, para pemain bermain sangat cepat, turut membantu pertahanan, rotasi pertahanan, bisa membaca pertahanan dan lini serang, serta komunikasi dan keterikatan antar pemain banyak yang meningkat.

“Attitude pemain saat defense patut diacungi jempol, mereka lebih berani body contact, hustle, dan tidak pernah menyerah,” kata July.

July yang merupakan eks pemain Tomang Sakti Mighty Bees mengatakan meski timnas putri banyak mengalami kemajuan, namun tetap ada hal yang masih bisa diperbaiki untuk ke depannya. Baginya, yang harus ditingkatkan lagi adalah rotasi defense dan offense. Dua hal ini harus lebih berani, terutama menghadapi lawan dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar.

Untuk memantapkan permainan Timnas Putri, July mengatakan bahwa pada 3-5 Maret anak asuhnya akan bermain di SEA Women Basketball League (SWBL) 2023 Singapore Series. Turnamen singkat itu digelar di Singapura dengan lawan dari Malaysia, Thailand, dan tuan rumah Singapura.

“Lalu di akhir Maret, manajemen juga akan mendatangkan pelatih dari Amerika Serikat yang sering melatih skill para Pemain NBA untuk membantu pemain kita agar lebih mantap lagi,” ucapnya.


Baca juga: Timnas basket putri pantau pemain dari Pomnas 2022
Baca juga: Perbasi buka seleksi talenta muda untuk perkuat timnas basket putri
Baca juga: Indonesia juara musim perdana Liga Bola Basket Putri Asia Tenggara


 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023