Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan berkunjung ke Tokyo untuk menghadiri Dialog Strategis Tingkat Menteri Indonesia-Jepang (8th Indonesia-Japan Ministerial Level Strategic Dialogue) pada 6 Maret 2023.

Menurut Kemlu RI dalam keterangan tertulisnya, Kamis, pelaksanaan dialog kali ini bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dan 50 tahun kemitraan ASEAN-Jepang.

“Dalam pertemuan dengan Menlu Jepang Hayashi Yoshimasa mendatang, diharapkan dapat dibahas tentang penguatan kerja sama bilateral, termasuk di bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, transisi energi, ketenagakerjaan, serta kelautan dan perikanan,” kata Kemlu RI.

Kedua menlu juga akan mengangkat isu-isu regional dan global, termasuk kemitraan ASEAN-Jepang dan implementasi konkret dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Selama di Jepang, Menlu Retno juga dijadwalkan bertemu dan melakukan diskusi dengan beberapa tokoh setempat mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN dan peningkatan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik.

Pada 2022, Jepang merupakan mitra dagang ketiga terbesar dan sumber investasi keempat terbesar di Indonesia.

Total nilai perdagangan bilateral yang mencapai 42 miliar dolar AS (sekitar Rp641,4 triliun) menunjukkan peningkatan sebesar 29 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, investasi Jepang di Indonesia tahun lalu mencapai 3,56 miliar dolar (sekitar Rp54,4 triliun).

Dialog strategis ke-7 diselenggarakan di Jakarta pada 10 Januari 2020 bersama dengan Menlu Jepang sebelumnya, Motegi Toshimitsu.

Baca juga: "Proving ground" Indonesia dapat pendanaan Rp882 miliar dari Jepang
Baca juga: Indonesia ajak Keidanren Jepang investasi di IKN


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023