Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di Twitter berdurasi lebih dari satu menit menunjukan keramaian orang mengarah ke sebuah panggung di area terbuka.

Unggahan itu mengklaim keramaian orang terkait Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan mengikuti Pemilu 2024.

Sebanyak sembilan ribu kali tayangan telah diperoleh dari unggahan Twitter itu, selain lebih dari 500 pengguna lain lain menyukainya.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Tak ada bagi2 sembako, tak ada lempar2 kaos dan tak ada bagi2 candra mata. Rakyat tetap datang ber bondong2 demi utk Indonesia lebih baik ke depan. Berkeadilan dlm hukum, perubahan birokrasi ASN yg bermartabat dan mensejahterakan ekonomi rakyat...”

Namun, benarkah unggahan video tersebut merupakan kerumunan orang terkait Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024?

Unggahan video hoaks yang mengklaim menyambut kedatangan Anies Baswedan. Faktanya, video tersebut merupakan ulang tahun club RX King 2022. (Twitter)
Penjelasan:
ANTARA menemukan, detik pertama hingga ke-25 pada unggahan video di Twitter itu serupa dengan unggahan akun YouTube akun Hai Sobat Otomotif dengan judul ‘JAMDA 3 YRKI JOGJA RX KING 2022’.

Di YouTube, kerumunan orang yang tampak sama dengan unggahan di Twitter itu dijelaskan sebagai acara ulang tahun club motor RX King 2022.

Kemudian pada detik ke-26 hingga satu menit 32 detik video itu, merupakan acara Anies Baswedan saat berada di Lombok pada Januari 2023.

Video tersebut serupa dengan unggahan YouTube REBORN TV dengan judul ‘LOMBOK  PULUHAN RIBU WARGA SAMBUT ANIES BASWEDAN’.

Dengan demikian, klaim tentang kerumunan orang sebagaimana tampak pada tampilan video di Twitter itu yang disebut sebagai sambutan terhadap Anies Baswedan merupakan klaim keliru.

Klaim:  Kerumunan orang sambut Anies Baswedan
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Anies Baswedan resmi tersangka tunggal Formula E

Cek fakta: Hoaks! Foto atribut Anies Baswedan dibakar massa di Bandung

Baca juga: Anies: Hoaks tak dibutuhkan apabila percaya diri atas rekam jejak

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023