Jakarta (ANTARA) - Tiga dari lima pabrikan MotoGP yakni Honda, Aprilia dan KTM akan melakukan uji mandiri di Sirkuit Jerez pada akhir pekan ini untuk mempersiapkan diri jelang MotoGP musim 2023, yang akan dibuka di Sirkuit Portimao, Portugal, akhir Maret ini.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat, ketiga pabrikan mengatakan mereka ingin mengejar ketertinggalan dari Ducati yang menorehkan hasil gemilang pada uji pramusim di Sepang, awal Februari lalu.

Stefan Bradl dari Honda (HRC) akan berada di trek dengan kendaraannya, RC213V, didampingi dengan pemimpin tim baru Ramon Aurin dan Manajer Teknik Ken Kawauchi.

Baca juga: Tim Repsol Honda pamerkan livery baru motor Marquez dan Mir
Baca juga: Duet Aprilia rasakan potensi besar RS-GP


Sementara, Aprilia akan membawa Lorenzo Savadori dengan RS-GP 2023 yang mungkin akan menggunakan mesin yang diperbarui menjelang Tes Portimao. Hal itu menyusul pernyataan pebalap utama mereka, Aleix Espargaro, yang mengungkapkan di Sepang, bahwa pabrikan bakal membawa peningkatan untuk GP mendatang.

Lebih lanjut, Dani Pedrosa akan kembali dengan KTM. Mereka akan membawa motor terbaru mereka yang telah memiliki mesin baru, pembaruan dari paket aerodynamic, dan banyak lagi pada uji mendatang di Jerez.

Pedrosa akan memanfaatkan kembalinya ia di trek untuk mempersiapkan penampilan wildcard-nya di GP Spanyol akhir April nanti.

Sementara itu, tes di Portimao akan digelar pada 11 Maret WIB. Sementara, GP Portugal akan diadakan pada 24 hingga 26 Maret WIB sebagai pembuka awal musim 2023.

Setelahnya, rangkaian MotoGP akan dilanjutkan di 20 sirkuit internasional di berbagai negara, termasuk Indonesia. GP Indonesia yang bakal digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, akan diadakan pada 13-15 Oktober nanti.

Baca juga: Red Bull KTM targetkan gelar tertinggi di musim 2023
Baca juga: Mir dan Rins sebut Honda butuh peningkatan usai pengujian di Sepang
Baca juga: Ducati dan Aprilia penguasa tes pramusim MotoGP di Sepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023