Berlin (ANTARA) - Pekerja transportasi umum Jerman pada Jumat melancarkan mogok kerja selama sehari untuk meningkatkan tekanan kepada pemerintah dalam sengketa upah yang terus berlangsung.

Penumpang telah diperingatkan agar bersiap menghadapi perjalanan yang bakal sangat terganggu di kota-kota besar, termasuk Cologne, Frankfurt, Stuttgart, dan Muenchen.

Pengemudi bus, trem, dan metro di enam negara bagian turut serta dalam aksi mogok yang juga ditujukan untuk menarik perhatian terhadap perubahan iklim dan kebutuhan meningkatkan transportasi umum.

Baca juga: Mogok kerja seharian paksa Jerman batalkan ratusan penerbangan

Serikat buruh ver.di mengumumkan bahwa aksi mogok akan berlanjut hingga tengah malam di Baden-Wuerttemberg, Saxony, Hesse, Lower Saxony, Rhineland-Palatinate, dan North Rhine-Westphalia.

Para pekerja sektor publik sudah melancarkan pemogokan di berbagai negara bagian sejak pekan lalu setelah putaran kedua negosiasi perundingan bersama dengan pemerintah berakhir tanpa kesepakatan.

Serikat buruh yang menghimpun  sekitar 2,5 juta pekerja sektor publik itu menuntut kenaikan upah 10,5 persen dan tidak kurang dari 500 euro (Rp8,1 juta) di tengah melonjaknya inflasi dan krisis biaya hidup.

Putaran negosiasi berikutnya direncanakan digelar akhir bulan ini.

Baca juga: Pekerja bandara Jerman akan lakukan aksi mogok pada Jumat

Sumber: ANADOLU


 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023