Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan senam Indonesia cinta tanah air (Sicita) untuk menguatkan stamina dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Senam Sicita ini mengajarkan untuk terus bersemangat serta terus menjaga kesehatan menghadapi Pemilu pada 14 Februari 2024," kata Hasto usai melaksanakan senam Sicita di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan tersisa 346 hari jelang pemilu, diperlukan stamina yang prima dan energi yang besar untuk menyapa rakyat. Selain itu, kedisiplinan dalam mengikuti setiap tahapan pemilu juga dibutuhkan.

Baca juga: Sekjen PDIP: Kampanye 2 minggu pun PDI Perjuangan siap

"Amanat konstitusi menyatakan pemilu dilaksanakan setiap 5 tahun, memerlukan energi besar, kedisiplinan untuk mengikuti setiap tahapan pemilu, perlu keteguhan kita agar tak mudah loyo mengikuti seluruh tahapan pemilu," kata Hasto.

Kata Hasto, alasan Lapangan Banteng dipilih untuk lokasi senam, karena adanya Monumen Pembebasan Irian Barat. Tempat itu untuk mengelorakan semangat dan mengingat kembali ketika Bung Karno berhasil mewujudkan kesatuan geopolitik Indonesia.

"Dari Sabang sampai Merauke adalah satu kesatuan geopolitik, satu kesatuan nasional, satu kesatuan cita-cita," katanya menegaskan.

Tak hanya senam Sicita, Hasto menyebut bahwa Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan bahwa berpolitik di partai berlambang banteng moncong putih itu tak hanya sekedar mengejar elektoral.

Namun, lebih dari itu pentingnya memperhatikan kecukupan gizi, protein dan vitamin bagi Ibu dan anak. Karena, dengan terpenuhinya kebutuhan gizi bagi Ibu dan anak, akan membangun kecerdasaan bangsa di masa depan.

Kata dia, PDIP mendorong seluruh kader agar turun ke masyarakat untuk menyampaikan tentang pentingnya hidup dalam lingkungan bersih dan makanan sehat bergizi khususnya bagi anak.

“Maka bergerak, datangi keluarga-keluarga, sampaikan salam dari Pak Jokowi dan Ibu Megawati, bantu agar hidup sehat dan lingkungannya bersih. Tanami lingkungan dengan sayuran sehat," pesannya.

DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta menggelar Gebyar Senam Sicita Se-DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu. Hasto memimpin Sicita dengan berdiri di depan panggung utama. Dia tampak mengangkat tangannya beberapa kali mengikuti arahan instruktur dan MC.

Ribuan peserta ini hadir dari perwakilan sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Mereka memenuhi Lapangan Banteng sekitaran Monumen Pembebasan Irian Jaya.

Baca juga: BMI fokus memenangkan PDIP di pemilu untuk ketiga kali
Baca juga: Hasto: PDIP cari pemimpin yang berprestasi bukan pencitraan

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023