Palu (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mendukung Pimpinan Wilayah (PW) DMI Sulawesi Tengah mengembangkan fungsi masjid untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

"Kami sangat mengapresiasi DMI Sulawesi Tengah, banyak sekali program untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya secara virtual pada pembukaan rapat kerja PW DMI Sulteng, di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu, .

Ia mengatakan PW DMI Sulteng memiliki banyak program positif sebagai tindak lanjut dari visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

DMI Sulteng lewat kepemimpinan Ahmad M Ali memiliki beberapa program, diantaranya program pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pendidikan, serta program pelatihan peningkatan kompetensi imam dan dai.

"DMI Sulteng memiliki banyak program yang tentunya memberikan manfaat besar untuk masyarakat," ujar Jusuf Kalla.

Baca juga: Jusuf Kalla dorong percepatan sertifikasi masjid di Indonesia

Lewat program-program tersebut, kata dia, DMI berkontribusi dalam pembinaan umat, diantaranya meningkatkan wawasan keislaman dan keagamaan, serta meningkatkan kualitas iman.

Di samping itu, lanjut Jusuf Kalla, lewat pembinaan, DMI meningkatkan kemampuan dan kapasitas masyarakat yang ada didalamnya, termasuk jamaah masjid, imam, dan pegawai serta dai.

Pembinaan-pembinaan tersebut juga untuk mendorong dan membangun optimisme umat untuk mengembangkan potensi diri untuk berusaha demi membangun kemakmuran.

Jusuf Kalla juga menyatakan memakmurkan dan dimakmurkan masjid yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dibutuhkan kolaborasi multi-pihak.

Baca juga: Ketum DMI ajak tokoh agama di Sulteng makmurkan masjid

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023