Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyatakan Tokyo Marathon adalah ajang efektif mempererat hubungan antar bangsa.

“Dalam momen 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia–Jepang, kita berharap dapat memulai kerja sama di bidang maraton dengan Jepang. Manfaatkan momen Tokyo Marathon agar kita bisa menyelenggarakan yang lebih baik di tanah air,” kata Heri dalam  keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Heri menambahkan bahwa maraton yang akan diikuti pelari-pelari Indonesia ini dapat menjadi alat diplomasi.

Heri menghadiri Carbo Loading yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan PT Amerta Indah Otsuka dan Cerita Lari, untuk pelari Indonesia menjelang Tokyo Marathon 2023.

Baca juga: Dubes Heri lari pagi di Tokyo bersama 84 pelari Indonesia

President Director PT Amerta Indah Otsuka Yoshihiro Bando mengapresiasi dukungan penuh KBRI Tokyo kepada 140 pelari Indonesia.

“Ini pertama kali bagi Otsuka, ini sangat istimewa. Terima kasih atas keramahan Bapak Dubes yang memfasilitasi ini," kata Bando.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 140 pelari Indonesia, selain juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya dan Siti Atiqoh Suprianti Ganjar Pranowo.

Carbo Loading atau Carbohydrate Loading adalah peningkatan asupan karbohidrat bagi para pelari guna menaikkan kadar glikogen dalam otot sebelum melakukan lari jarak jauh seperti lari maraton.

Untuk acara ini, KBRI menyediakan kuliner padat karbohidrat seperti nasi, mie goreng, spageti dan perkedel kentang, untuk kombinasi kuliner Indonesia dan Jepang juga disajikan sushi.

Baca juga: KBRI Tokyo gelar promosi Indonesia rayakan 65 tahun hubungan RI-Jepang

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023