Jakarta (ANTARA) - Arsenal meraih kemenangan secara dramatis 3-2 atas Bournemouth setelah sempat tertinggal dua gol dalam laga pekan ke-26 Liga Inggris di Stadion Emirates, London pada Sabtu malam WIB.

Bournemouth terlebih dahulu unggul berkat gol Philip Billing dan Marcos Senesi sebelum Arsenal bangkit di babak kedua dan membalikkan keadaan melalui gol Thomas Partey, Ben White dan Reiss Nelson.

Kemenangan itu membuat Arsenal kembali unggul lima poin dari Manchester City yang menghuni peringkat kedua klasemen. The Gunners kini mengumpulkan 60 poin dari 26 laga sedangkan Bournemouth tertahan di peringkat 16 dengan 24 poin, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Bournemouth membuka keunggulan saat laga belum genap 30 detik ketika Dango Ouattara menguasai bola di kanan lalu mengirim umpan silang yang disambar Philip Billing di depan gawang menjadi gol pembuka.

Arsenal merespons dengan serangan pada menit ke-3. Namun, sepakan Martin Odegaard masih bisa dihalau kiper Bournemouth Neto sebelum bola rebound ditendang Bukayo Saka dan masih bisa diblok pemain lawan.

Bournemouth nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-20 ketika Billing melakukan tusukan di sisi kiri dan melepaskan umpan silang ke kotak penalti.

Solanke dan Ouattara tidak terkawal, tetapi bola disambar Ouattara. Sayangnya Aaron Ramsdale masih bisa memblok bola tersebut.

Baca juga: Kalahkan Newcaslte 2-0, Manchester City terus tempel Arsenal

Kebobolan satu gol, Arsenal meningkatkan intensitas serangannya di babak kedua dan sempat mengancam gawang Neto lewat tendangan Odegaard pada menit ke-51.

Namun, Bournemouth justru menggandakan keunggulan enam menit kemudian ketika Marco Senesi menyundul bola hasil sepak pojok Joe Rothwell untuk membuat Arsenal tertinggal 0-2.

Jack Stephens hampir mencetak gol bunuh diri pada menit ke-61 setelah mencoba menyapu umpan silang Bukayo Saka, tetapi arah bola hanya melesat tipis di atas mistar.

Arsenal baru bisa mencetak gol semenit kemudian. Bermula dari situasi sepak pojok, Neto meninju bola yang kemudian disundul Smith Rowe. Bola dikuasai Thomas Partey yang dengan mudah menceploskannya ke gawang Bournemouth.

Skuat asuhan Mikel Arteta itu akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-70 setelah umpan silang Reiss Nelson disambar tendangan voli Ben Whitey.

Gol itu memacu semangat Arsenal untuk mencetak gol ketiga.

Saat laga terlihat akan berakhir imbang, Arsenal akhirnya mencetak gol kemenangan mereka pada masa injury time berkat tendangan keras Nelson yang bersarang ke pojok kanan gawang.

Gol tersebut membuat Arsenal sukses melakukan comeback dengan kemenangan 3-2 atas Bournemouth.

Susunan pemain:
Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu (Ben White 46'), Gabriel Magalhaes, William Saliba, Oleksandr Zinchenko; Fabio Vieira (Granit Xhaka 84'), Thomas Partey, Martin Odegaard; Bukayo Saka, Leandro Trossard (Emile-Smith Rowe 22' (Reiss Nelson 69')), Gabriel Martinelli

Bournemouth (5-4-1): Neto; Chris Mepham, Jack Stephens, Marcos Senesi; Adam Smith, Joe Rothwell (Lewis Cook 70'), Philip Billing, Jordan Zemura (Fredericks 64'); Dango Ouattara (Christie 82'), Dominic Solanke, Antoine Semenyo (Anthony 64')

Baca juga: Roberto Firmino dikonfirmasi tinggalkan Liverpool pada akhir musim

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023