Jakarta (ANTARA) - Chelsea hanya mampu menang tipis 1-0 saat menjamu Leeds United dalam matchday ke-26 Liga Inggris di Stamford Bridge pada Sabtu malam WIB (04/3).

Gol kemenangan The Blues dicetak oleh Wesley Fofana di babak kedua. Ini juga menjadi kemenangan pertama Chelsea dari enam pertandingan liga terakhir mereka.

Tambahan tiga poin ini mengubah posisi Chelsea di klasemen sementara. Mereka tertahan di tempat ke-10 dengan 34 poin dari 25 laga. Sedangkan Leeds berada di peringkat ke-17 dengan 22 poin, hanya unggul satu poin dari Everton yang berada di zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Baca juga: Chelsea dipermalukan Southampton 0-1 di Stamford Bridge

Chelsea menguasai lapangan sejak pertandingan dimulai, tetapi mereka kesulitan untuk membongkar pertahanan Leeds.

Peluang pertama Chelsea tercipta pada menit ke-15. Wesley Fofana memberikan terobosan ke Kai Havertz di kotak penalti, tendangan pemain Jerman tersebut masih bisa ditepis Illan Meslier.

Chelsea nyaris mencetak gol pada menit ke-22. Umpan silang Raheem Sterling disambut sepakan voli Joao Felix, tetapi bola masih membentur tiang gawang.

Meski menguasai bola, tim tuan rumah kesulitan membuat peluang berbahaya ke gawang Leeds. Sementara itu, tim tamu lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Hingga turun minum, skor tetap 0-0.

Baca juga: Pukul Chelsea 2-0, Tottenham Hotspur menangkan derby London

Chelsea langsung tancap gas di babak kedua dan nyaris membuat gol pada menit ke-46 andai saja sepakan Sterling di depan gawang tidak melambung tinggi dari gawang Illan Meslier.

Chelsea akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-53. Sepak pojok Ben Chilwell berhasil disundul Wesley Fofana yang gagal dihentikan Meslier. Tim tuan rumah unggul 1-0.

The Blues mulai mengendurkan serangan mereka. Leeds baru bisa menekan dan menyerang Chelsea, tetapi beberapa peluang mereka masih belum bisa menaklukkan Kepa.

Skor 1-0 tetap bertahan hingga pertandingan selesai. Chelsea berhak mengantongi tiga poin.

Susunan pemain
Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Wesley Fofana, Kalidou Koulibaly, Benoit Badiashile; Ruben Loftus-Cheek (Trevoh Chalobah 84'), Enzo Fernandez (Noni Madueke 84'), Mateo Kovacic (Carney Chukwuemeka 75'), Ben Chilwell; Joao Felix (Conor Gallagher 68'), Kai Havertz, Raheem Sterling (Denis Zakaria 68').

Leeds (4-2-3-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Maximilian Wober, Junior Firpo; Tyler Adams, Weston McKennie; Crysencio Summerville, Brenden Aaronson (Mateo Joseph 68'), Jack Harrison (Sam Greenwood 80'); Georginio Rutter (Wilfried Gnonto 68').

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023