Tangerang (ANTARA) - Grup idola K-pop NCT Dream akhirnya benar-benar kembali ke Indonesia dengan personel lengkap, bahkan tak sampai setahun sejak mengucap janji di sebuah acara televisi. Mereka kembali melalui gelaran konser bertajuk "NCT DREAM TOUR 'THE DREAM SHOW2 : In A DREAM' in JAKARTA" hari pertama pada Sabtu (4/3) malam di ICE BSD, Tangerang.

Selama sekitar hampir 2,5 jam, ketujuh personel, yakni Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle dan Jisung, menyuguhkan lagu-lagu populer mereka beserta koreografinya di hadapan penggemar atau NCTzen.

Lagu-lagu ini, antara lain "Glitch Mode", "Countdown (3, 2, 1)", "Stronger", "Chewing Gum", "Dive Into You", "Irreplaceable", "Saturday Drip", "Diggity", "Ridin'", "Boom", "Hello Future", "We Go Up", "Trigger The Fever" dan "Hot Sauce".

Lagu "Déjà Vu", "My First and Last" dan "Bye My First" juga mereka hadirkan dalam konser malam itu. NCT Dream tak ketinggalan menampilkan lagu-lagu baru mereka, termasuk "Beatbox" dan "Candy", sebuah garapan ulang dari lagu hit grup H.O.T yang dirilis pada tahun 1996 yang juga menjadi judul mini album spesial musim dingin grup.

Sembari bernyanyi, terkadang mereka mendekat ke tepi panggung demi mendekat ke arah penggemar untuk sekadar melempar senyum, atau lambaian tangan, meningkatkan antusiasme penggemar untuk semakin menikmati acara.

Para penggemar yang hadir kala itu ikut bernyanyi bersama idola mereka dan ini menuai pujian dari para personel grup, termasuk Mark. Dia mengatakan para NCTzen bernyanyi dengan baik lalu berterima kasih atas kesediaan penggemar untuk unjuk suara.
Grup idola K-pop NCT Dream dalam gelaran konser "NCT DREAM TOUR 'THE DREAM SHOW2 : In A DREAM' in JAKARTA" hari pertama di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (4/3/2023) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Sementara itu, Chenle mengaku terharu. Dia mengatakan suara penggemar dapat terdengar jelas melalui perangkat audio yang dia kenakan. Chenle lalu mengucapkan kata, "mantul" dan dihadiahi jeritan penggemar.

Tak hanya bernyanyi, para penggemar juga ikut melompat mengikuti koreografi yang dibawakan NCT Dream.

NCT Dream relatif tak terlalu banyak mengucap kata selama konser, melainkan lebih banyak menampilkan lagu-lagu mereka hingga penghujung acara saat mereka harus menyampaikan kesan-kesan.

"Waktu sangat cepat berlalu ya. Terima kasih sudah mendukung kami sampai sekarang. Juga sisa dua hari ini semoga lancar-lancar," ujar Chenle yang menutup komentarnya dengan mengucap kata "terima kasih"

Konser NCT Dream kali ini dijadwalkan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan dan menjadi kali pertama mereka menggelar acara selama tiga hari berturut-turut di Indonesia.

Jisung, sang maknae grup atau personel termuda mengaku penasaran apakah ada di antara para NCTzen yang menonton malam itu juga hadir pada konser di hari Minggu dan Senin.

Dia mengatakan pengalaman konser malam ini luar biasa dan berjanji akan memberikan penampilan terbaik hingga dua hari konser berikutnya.

Sementara itu, Haechan yang sempat membawakan sepenggal lirik lagu "Cinta Luar Biasa" milik penyanyi Andmesh Kamaleng, senada dengan Chenle memohon dukungan para penggemar hingga masa mendatang. Dia lalu menyebut, "NCTzen Indonesia mantul".

Jaemin yang tampak menikmati dihujani jeritan penggemar memanggil namanya saat tersorot kamera, kemudian bertanya mengenai keseruan selama konser dan berkomentar tentang kemampuan para penggemar mengikuti seluruh lirik lagu yang grupnya bawakan malam itu.

"Biasanya jadi pengisi acara, senang sekali bisa datang ke sini mengadakan konser bertujuh. Rasanya kalian lebih ganteng dan cantik," kata dia, merayu.

Di sisi lain, Jeno memuji energi luar biasa penggemar yang tetap luar biasa sedari awal hingga akhir. Dia lalu berterima kasih atas dukungan mereka selama ini hingga membuat NCT Dream bersinar.

Renjun yang akan merayakan hari ulang tahun pada akhir Maret ini mendapat ucapan selamat lebih awal dari penggemar. Ucapan terima kasih pun dia sampaikan, bukan hanya untuk kejutan dari penggemar tetapi juga untuk sambutan hangat para penggemar untuk dia dan rekan-rekannya.

Renjun mengatakan hadirnya kenangan terbaik untuk dia dan tim salah satunya berkat para penggemar. "Aku cinta kamu" menjadi komentar terakhir pria kelahiran Jilin City, China itu.

Mark menutup sesi penyampaian kesan-kesan. Dia menanyakan perasaan penggemar dan memastikan penampilannya bersama tim dinikmati oleh mereka.

"Terima kasih banyak telah menikmati konser bersama kami. Kalian luar biasa malam ini," kata dia.
Promotor sekaligus Direktur Dyandra Global Edutainment Febrina Agusta Sibuea dalam konferensi pers jelang gelaran konser "NCT DREAM TOUR 'THE DREAM SHOW2 : In A DREAM' in JAKARTA" hari pertama di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Tiket hingga pengamanan

Promotor sekaligus Direktur Dyandra Global Edutainment Febrina Agusta Sibuea mengatakan sebanyak 37.000 tiket terjual untuk gelaran konser selama tiga hari. Promotor tak akan membuka stand penjualan tiket di lokasi konser demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Kemudian, terkait pengamanan, promotor menyiapkan lebih dari 1.000 personel untuk menjaga keamanan selama konser berlangsung. Febrina menuturkan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dari beberapa bulan lalu dan mengikuti semua arahan yang ada.

"Untuk pengamanan, dari kepolisian akan mengerahkan sekitar 750 personel setiap harinya dan dari kami ada tambahan 350 personel. Jadi ada lebih dari 1.000 personel," tutur dia.

Tak hanya tentang pengamanan, dia juga membahas mengenai instalasi dalam DREAMzone yang dihadirkan selama perhelatan konser. Total ada tiga instalasi yang dibangun, diadopsi dari lagu hits dan album NCT Dream serta bisa dinikmati secara gratis oleh penggemar NCT.

Salah satu instalasi, yakni "Candy", yang terinspirasi dari judul lagu utama sekaligus mini album spesial musim dingin grup berjudul sama. NCTzen nantinya dapat melihat serta berfoto langsung dengan DANJI, gantungan kunci berbentuk pom-pom yang diambil dari lirik chorus "Candy". Setiap DANJI mewakili masing-masing member karena ekspresi-ekspresinya di gambar secara langsung oleh NCT DREAM.

Para penggemar bisa menemukan "Glitch Mode" berupa instalasi set musik video ikonik NCT DREAM dengan nama yang sama. Selain itu, akan dihadirkan pula instalasi berbentuk hati besar berwarna biru dengan latar belakang kuning yang bisa digunakan penggemar untuk mengabadikan momen. Instalasi ini terinspirasi dari album versi kemas ulang "Hello Future".

Selain ketiga instalasi, nantinya ada juga spot lain di DREAMzone seperti mega official tour poster, self-service photobooth, dan beragam gerai makanan.

Febrina menuturkan, ingin memberikan sesuatu yang lebih kepada penonton sehingga mereka tak sekedar menonton konser tetapi juga mendapatkan pengalaman yang mengesankan.

 

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2023