Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar mengokohkan diri di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia setelah menekuk Persis Solo dengan skor 3-2 pada pekan ke-28 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Minggu.

Kini PSM Makassar menduduki posisi puncak dengan torehan 62 poin dari 28 laga, berselisih 10 poin dari Persib Bandung yang menduduki peringkat kedua dan 11 poin dari Persija Jakarta yang menempati posisi ketiga, demikian catatan Liga Indonesia.

Di sisi lain, Persis Solo masih harus tertahan di posisi ke-11 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 33 poin dari 28 pertandingan.

Pada pertandingan ini PSM Makassar mengunci kemenangan berkat gol Yakob Sayuri, Wiljan Pluim dan Everton Nascimento, sedangkan gol dari Persis Solo lahir dari Ryo Matsumura serta Fernando Rodriguez.

Pada babak pertama kedua tim bermain terbuka dan saling memberikan serangan, namun Persis Solo mampu unggul lebih dulu pada menit ke-32 setelah tendangannnya membobol gawang PSM sehingga skor berubah menjadi 1-0.

PSM sempat mencetak gol melalui sundulan Everton Nascimento, namun pada akhirnya gol tersebut dianulir oleh wasit karena salah satu pemain Juku Eja dinilai berada dalam posisi offside. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Persija fokus lawan Borneo FC setelah laga versus Persib ditunda

Pada babak kedua PSM mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu menyamakan kedudukan berkat gol yang dicetak oleh Yakob Sayuri pada menit ke-62.

Berawal dari umpan jauh Wiljan Pluim, bola berhasil didapatkan oleh Yakob Sayuri yang selanjutnya melepaskan tendangan keras dan membobol gawang Persis sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Berselang empat menit, Persis kembali unggul setelah umpan silang Matsumura mampu dikonversi menjadi gol oleh Fernando Rodriguez sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Kembali tertinggal, PSM meningkatkan intensitas serangan mereka dan memasukkan beberapa pemain menyerang seperti Ramadhan Sananta serta Kenzo Nambu.

Permainan menyerang PSM akhirnya membuahkan hasil pada menit 69 setelah umpan silang Yance Sayuri mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh sundulan Wiljan Pluim sehingga skor berubah menjadi 2-2.

Skuad asuhan Bernardo Tavares berbalik unggul mengubah skor menjadi 3-2 ketika umpan silang Ramadhan Sananta dapat disundul oleh Everton Nascimento dan membobol gawang Gianluca Pandeynuwu pada menit ke-77.

Di sisa waktu babak kedua PSM Makassar dan Persis Solo tetap bermain terbuka serta saling memberikan serangan, namun tim tuan rumah mampu mempertahankan kemenangan 3-2.

Baca juga: Persebaya Surabaya antisipasi kebangkitan Barito Putera
Baca juga: Erick: Sarasehan sepak bola jadi awal transformasi liga Indonesia

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023