Jakarta (ANTARA) - AS Roma sukses menaklukkan Juventus dengan skor tipis 1-0 dalam giornata ke-25 Liga Italia di Stadion Olimpico pada Senin dini hari WIB.

Gol tunggal dalam pertandingan ini dicetak oleh Gianluca Mancini di pertenghan babak kedua. Juve dalam pertandingan ini bermain dengan 10 pemain karena Moise Kean dikartu merah wasit.

Berkat kemenangan ini, Roma kini mengumpulkan 47 poin di peringkat empat klasemen sementara. Sedangkan Juventus ada di posisi kedelapan dengan 35 poin, demikian catatan laman resmi Serie A.

Meski bermain sebagai tamu, Juventus yang mendapat peluang pertama lewat tendangan Dusan Vlahovic. Namun, bola sepakan kaki kirinya masih bisa ditepis kiper Rui Patricio.

Setelah itu kedua tim saling bertukar serangan.

AS Roma menciptakan peluang pada menit ke-27. Paulo Dybala melepas sepakan melengkung di depan kotak penalti, tetapi masih belum bisa menaklukkan penjaga gawang Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-44 Juve hampir saja mencetak gol. Danilo melepas umpan silang yang disambar Rabiot dengan tandukannya. Sayangnya Rui Patricio dapat menghalau bola denga kakinya sebelum mengenai tiang.

Babak pertama berakhir tanpa gol.

Roma berhasil memecahkan kebuntuan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-53. Gianluca Mancini melepas tembakan dari luar kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Szczesny. Tim tuan rumah unggul 1-0.

Juventus mencoba untuk menyamakan kedudukan lewat sebuah peluang pada menit ke-59. Tendangan bebas Juan Cuadrado masih membentur tiang kanan gawang Roma.

Pada menit ke-78, tim tamu memiliki kans emas untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Angel di Maria dari luar kotak penalti. Namun, upaya itu masih bisa dimentahkan oleh aksi penyelamatan Patricio.

Juve kemudian memasukkan Moise Kean untuk menambah daya serang mereka di sisa waktu. Namun, Kean justru mendapatkan kartu merah pada menit 90+1 karena terlihat menendang Mancini.

Hingga pertandingan berakhir, Juve gagal mencetak gol penyeimbang. AS Roma menang 1-0 atas Juventus.


Baca juga: Tekuk Lecce 2-0, Inter Milan naik ke peringkat dua klasemen
Baca juga: AC Milan takluk 1-2 di markas Fiorentina
Baca juga: Lazio sukses hentikan kemenangan beruntun Napoli di Serie A


Susunan pemain
AS Roma (3-4-2-1): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Chris Smalling, Ibanez; Nicola Zalewski (Karsdorp 64'), Bryan Cristante, Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola; Lorenzo Pellegrini (Belotti 86'), Georginio Wijnaldum (Bove 73'); Paulo Dybala (Abraham 73')

Juventus (3-5-1-1): Wojciech Szczesny; Danilo, Bremer, Alex Sandro (Bonucci 46'); Juan Cuadrado (Kean 89'), Nicolo Fagioli (Chiesa 59'), Manuel Locatelli (Paredes 77'), Adrien Rabiot, Filip Kostic (Pogba 77'); Angel di Maria; Dusan Vlahovic

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023