Jakarta (ANTARA) - Kulit jenis berminyak tidak berarti aman dari kondisi dehidrasi, ada begitu banyak hal yang bisa menyebabkan kulit berminyak bisa mengalami dehidrasi seperti paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

Saat kulit mengalami dehidrasi, secara teknis berarti kulit sedang kekurangan hidrasi atau air, hal ini tentunya sangat berbeda dengan produksi minyak atau sebum pada kulit. Laman Dermalogica beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa kulit menghasilkan sebum melalui kelenjar sebaceous yang memiliki fungsi penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi dari agresor lingkungan.

Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa membuat kulit kering. Kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kelembapan yang hilang selama kulit terpapar sinar matahari.

Hal lain yang membuat kulit berminyak menjadi dehidrasi adalah paparan pendingin ruangan atau AC. Tidak lupa salah satu penyebab utama kulit berminyak yang mengalami dehidrasi adalah jika tidak mengonsumsi cukup air setiap hari.

Walaupun dehidrasi kulit disebabkan karena kurangnya air pada kulit, dehidrasi tidak selalu ditandai dengan kulit kering. Dehidrasi, sebaliknya bisa ditandai dengan kulit berminyak.

Baca juga: Kulit wajah berminyak tetap butuh pelembab

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kulit berminyak tidak dapat disepelekan karena dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti pori-pori besar, kusam hingga jerawat karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit yang berminyak.

Permasalahan kulit berminyak akibat dehidrasi ini kerap mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas, tentunya dibutuhkan juga solusi produk yang tepat untuk menjaga kondisi kulit agar tetap seimbang sepanjang hari.

Jenama produk kecantikan kulit Acwell membuat rangkaian solusi untuk mengatasi dehidrasi pada kulit berminyak, bernama  Real Aqua Balancing Range dengan kandungan N4 Complex yang membantu memperkuat dan menjaga lapisan kulit, mengunci kelembabannya, serta ringan sehingga nyaman terutama bagi yang memiliki jenis kulit berminyak.

Produk yang diluncurkan adalah Real Aqua Balancing Toner yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta menyegarkan dan melembabkan kulit; Real Aqua Balancing Lotion yang berguna sebagai pelembab ringan untuk menyeimbangkan produksi minyak dan air pada kulit yang berlebihan; dan Real Aqua Balancing Ampoule yang ringan namun memberikan kelembaban mendalam dan kesegaran sepanjang hari untuk kelembaban berlipat.

Acwell juga meluncurkan Real Aqua Balancing Cream yang merupakan pelembab dengan tekstur gel dan diklaim dapat meningkatkan kelembaban hingga dua kali lipat serta efektif menenangkan kulit sensitif

 
Acwell menghadirkan Real Aqua Balancing Range solusi permasalahan dehidrasi pada kulit berminyak. (ANTARA/ HO/Sociolla)


Assistant Brand Manager Acwell Indonesia Fivo Tafana dalam keterangan yang diterima pada Senin mengatakan formula dalam produk perawatan kulit itu bisa membantu menyeimbangkan kondisi kulit. Merek tersebut sebelumnya dikenal sebagai produsen produk Licorice pH Balancing Clear Toner untuk mengatasi kulit kusam.

Baca juga: Kulit pria lebih berminyak dibanding perempuan

Baca juga: Kandungan produk perawatan yang harus dihindari si kulit berminyak

Baca juga: Kulit kering dan dehidrasi rupanya berbeda, ini penyebab dan solusinya

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023