Untuk percepatan perbaikan ruas jalan, maka telah dianggarkan dana sebesar Rp50,8 miliar.
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menganggarkan dana sebesar Rp50,8 miliar untuk melakukan perbaikan ruas jalan di daerah ini tahun 2023.

"Tahun ini memang ada beberapa ruas jalan prioritas yang akan diperbaiki, salah satunya ruas Simpang Randu sampai Seputih Surabaya," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Febrizal Levi Sukmana dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan dengan dipastikannya program perbaikan ruas jalan yang ada di Provinsi Lampung pada 2023 ini, maka pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp50,8 miliar.

"Untuk percepatan perbaikan ruas jalan, maka telah dianggarkan dana sebesar Rp50,8 miliar," katanya pula.

Dia menjelaskan untuk proses pelaksanaan perbaikan ruas jalan tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan proses tender.

"Total panjang ruas jalan yang akan diperbaiki adalah tujuh kilometer dan perbaikan yang akan dilakukan berupa pengaspalan dan rigid. Namun mayoritas jalan akan dilakukan rigid beton, saat ini masih proses tender," ujarnya lagi.

Menurut dia, dengan adanya perbaikan jalan tersebut diharapkan dapat mendukung pembangunan di berbagai sektor salah satunya pertanian.

"Akan ada 14 ruas jalan yang menjadi prioritas pembangunan tahun ini dan akan kami laksanakan," kata dia.

Sebanyak 14 ruas jalan yang menjadi prioritas pembangunan dan perbaikan itu meliputi ruas jalan Simpang Soponyono-Serupa Indah di Kabupaten Way Kanan, Simpang Trimulyo-Bungin-Tugu Sari di Kabupaten Lampung Barat.

Lalu, ruas jalan Kotabumi-Ketapang, Ketapang-Negara Ratu, Negara Ratu-Simpang Sonyopo diKabupaten Lampung Utara.

Selanjutnya, ruas jalan Talang Padang-Ngarip, Ngarip-Ulusemong, Ulusemong-Simpang Trimulyo di Kabupaten Tanggamus. Lalu, ruas jalan Bujungtenuk-Penumangan di Kabupaten Tulangbawang.

Kemudian, ruas jalan Penumangan-Tegal Mukti di Kabupaten Tulangbawang Barat, ruas Serupa Indah-Tajab di Kabupaten Waykanan.

Lantas, ruas jalan Kota Gajah-Simpang Randu, Simpang Randu-Seputih Surabaya, Seputih Surabaya-Sadewa di Kabupaten Lampung Tengah.
Baca juga: Pengaspalan Jalintim Lampung--Palembang dipercepat
Baca juga: Jalintim Sumatera Bandar Lampung--Palembang siap untuk arus mudik

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023