Jayapura (ANTARA) - Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Zainut Tauhid Sa'adi meresmikan tugu Harmoni Award di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi di Jayapura, Selasa, mengatakan pembangunan tugu tersebut sebagai simbol monumental umat beragama di Kota Jayapura.

Menurut dia, tugu Harmoni Award merupakan anugerah Tuhan yang diletakkan di pundak masyarakat dan pemerintah daerah setempat untuk mampu membangun kolaborasi yang sinergi guna saling menyempurnakan dan satu hati membangun Kota Jayapura menuju kota beriman dan modern.

"Untuk itu semangat kerukunan umat dapat ditingkatkan bersama-sama masyarakat dan kinerja pemerintahan dalam membangun Kota Jayapura untuk kemuliaan Tuhan yang menunjukkan komitmen bersama," katanya.

Dia menjelaskan komitmen tersebut bukan saja sebagai pemanis bibir, tetapi benar-benar dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata dengan merawat pembangunan di negeri berjuluk "Port Numbay" itu secara kondusif dan tertib.

"Sehingga kami mempunyai ruang yang sama untuk berinovasi bagi perubahan pembangunan ke arah masyarakat kota yang damai dan sejahtera," ujarnya.

Apalagi kata dia, Kota Jayapura telah memperoleh penghargaan Harmoni Award dari Kementerian Agama (Kemenag) RI pada 3 Januari 2021.

Wakil Menteri Agama memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Jayapura yang telah menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan umat dan masyarakat di daerah itu. sehingga dapat memberikan ruang komunikasi antara para tokoh agama, pendidikan, adat dan tokoh perempuan.

"Kota Jayapura sebagai kota beriman dan modern adalah sebuah investasi berharga dan paling mahal yang patut disyukuri," katanya lagi.

Sa'adi mengimbau seluruh masyarakat di Indonesia agar bisa mencontoh apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Jayapura, sebab tugu Harmoni Award itu harus menjadi filter berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0.

"Untuk dijadikan sebagai sarana untuk menangkap peluang usaha, membangun literasi spiritual dan literasi pendidikan melalui media sosial dalam menginformasikan hasil pembangunan setiap daerah," ujarnya lagi.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan tugu Harmoni Award bermakna bukan sebagai fisik saja, tetapi selalu mengingatkan kepada masyarakat di wilayah itu tentang toleransi umat beragama.

"Dengan demikian akan memberikan semangat yang berkobar-kobar untuk tetap menjaga harmonisasi hubungan antar umat beragama," katanya.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023