Jakarta (ANTARA) - Asisten deputi kemitraan dan perluasan pasar Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) Fixy mengatakan Indonesia bisa meniru cara promosi budaya negara lain dalam promosikan modest fashion atau gaya berbusana sopan Indonesia ke pasar luar negeri.

"Strategi yang bisa kita contoh bagaimana budaya Korea bisa penetrasi pasar ke negara kita, itu salah satu cara yang sangat efektif mungkin kita bisa pakai strategi yang sama untuk promosikan produk modest fashion kita dan orang-orang yang tadinya tidak tahu Indonesia jadi tahu," ucapnya dalam acara pameran fesyen di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan KemenkopUKM sedang fokus pada sektor yang bisa mengembangkan produk Indonesia mendunia salah satunya modest fashion muslim. Dengan seperempat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, ia mengatakan bukan tidak mungkin Indonesia bisa mendominasi pasar fesyen khususnya pasar fesyen muslim dunia.
 
"Karena ini fakta yang harus kita jaga maka sesuai arahan Presiden dan Wapres bagaimana supaya Indonesia jangan sampai kehilangan kesempatan menjadi pusat modest fashion dunia," ucap Fixy.

Baca juga: Donna Prive rilis koleksi pertama di 2023 lewat Madina Series

Baca juga: Asa raih cita-cita Indonesia jadi kiblat fesyen muslim dunia


Fixy juga mengatakan perlu kolaborasi dan dukungan semua pihak agar fesyen Indonesia bisa merambah sampai internasional.

KemenkopUKM juga memberikan sarana dimana para penggiat dan pendukung modest fashion akan diberi agenda internasional satu tahun sekali untuk memperkenalkan fesyen Indonesia di luar negeri yang terdiri dari beberapa kegiatan dari lembaga atau asosiasi dan penggerak modest fashion serta pemerintah daerah.

"Insya allah kalau seluruh komponen fesyen Indonesia dimulai dari sekolahnya, pelaku usahanya, pembiayaannya kita kembangkan," ucapnya.

Lebih lanjut Fixy menambahkan jika jenama fesyen lokal sudah dikenal banyak orang maka akan secara otomatis meningkatkan nilai dari jenama  itu sendiri.

"Dan harapannya agar fesyen Indonesia bisa mudah diingat semua orang melalui beragam gelaran acara fesyen dan menjadikan Indonesia sebagai nomor satu trendsetter fesyen dunia," tutup Fixy.

Baca juga: Mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen lewat koneksi antar pelaku

Baca juga: Dukung pertumbuhan industri hijab, Indonesia Hijabfest kembali digelar

Baca juga: IFC: Industri "modest fashion" fokus pemulihan di 2023

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023