Saya nanti minta bantuan BSI, apakah BSI yang saat ini sudah ada di Dubai, bisa membiayai di negara lain di luar negeri
Kyoto (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong PT Bank Syariah Indonesia (BSI) memperluas pembiayaannya kepada para pelaku industri halal di luar negeri, termasuk Jepang.

Wapres menyikapi permintaan diaspora Indonesia pelaku industri halal di Jepang soal pembiayaan syariah dalam pertemuan dengan diaspora Indonesia di Jepang.

“Saya nanti minta bantuan BSI, apakah BSI yang saat ini sudah ada di Dubai, bisa membiayai di negara lain di luar negeri atau harus membuat cabang sendiri di Jepang,” kata Wapres di Kyoto, Jepang, Selasa.

Baca juga: Wapres dorong solusi masalah transportasi ekspor produk nasional

Baca juga: Wapres jelaskan pada diaspora di Jepang soal ekosistem industri halal


Pada kesempatan itu diaspora Indonesia pelaku industri halal di Jepang, Ivan menyampaikan permohonan atas bantuan pembiayaan syariah bagi diaspora pelaku industri halal di Jepang.

Ivan yang tengah mengembangkan usaha vending machine produk halal menyampaikan pengembangan ekspor produk halal sudah banyak di Jepang dan berkolaborasi dengan diaspora Indonesia.

Wapres menjelaskan sejatinya di Indonesia sendiri ekosistem pembiayaan syariah sudah berkembang pesat dari berbagai lembaga keuangan, mulai dari perbankan besar seperti BSI, Kredit Usaha Rakyat Syariah, koperasi syariah, lembaga pembiayaan mikro syariah hingga bank wakaf mikro syariah di pesantren.

Namun untuk pembiayaan syariah di Jepang, Wapres berjanji akan mendorong kepada BSI agar bisa melakukan pembiayaan.

Baca juga: Wapres: Diaspora tak terpisahkan dalam pembangunan ekonomi Indonesia

Baca juga: Wapres bertemu Chairman Glico bangun jejaring ekosistem halal dunia


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023