Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh bakal menyediakan klinik sebagai tempat konsultasi terkait pengurusan sertifikat halal dan izin BPOM bagi pelaku UMKM di daerah Tanah Rencong itu.

“Persoalan dengan kelembagaan, baik yang menyangkut dengan sertifikat halal dan BPOM-nya, Insya Allah kami akan siap menyediakan sebuah klinik untuk melakukan konsultasi dalam rangka memperbaiki UMKM kita agar lebih baik lagi," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Azhari di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Aceh 2023, yang menjadi sarana promosi produk-produk pelaku usaha kreatif di daerah itu guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Azhari menjelaskan Expo UMKM Aceh 2023 merupakan salah satu bukti nyata Pemerintah Aceh terus konsisten berupaya meningkatkan pemasaran produk UMKM yang ada di provinsi paling barat Indonesia itu.

"Kami terus memberikan momentum kepada pelaku UMKM untuk menumbuhkan rasa percaya diri bahwa produk-produk yang sudah mereka lahirkan, yang sudah diciptakan itu akan mampu menumbuhkan perekonomian kita," katanya.

Pihaknya juga terus melakukan langkah strategis untuk meningkatkan kreativitas pelaku UMKM demi kemajuan ekonomi Aceh.

Apalagi UMKM merupakan salah satu pilar utama dalam memajukan perekonomian masyarakat Aceh pasca pandemi COVID-19.

Untuk itu, Azhari mengajak para pelaku UMKM di Aceh untuk saling menguatkan, saling membantu dan saling memberikan yang terbaik demi peningkatan ekonomi masyarakat Aceh.

"Insya Allah kami akan terus mendorong, akan terus memberikan motivasi dan akan terus menyediakan momentum atau media ruang kepada UMKM ini untuk bisa meningkatkan pasarannya," ujarnya.

Expo UMKM Aceh juga menjadi wahana promosi produk UMKM masyarakat Aceh agar lebih dikenal hingga mancanegara.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan berbagai strategi pemasaran baik itu marketplace dan e-catalog.

Sisi pembiayaan dan permodalan UMKM di Aceh, kata dia, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah membuka kesempatan kepada Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Aceh Syariah (BAS) untuk memberikan kemudahan.

"Sehingga tidak ada tantangan lagi bagi pelaku UMKM untuk terus bangkit dan mendunia dalam rangka memberikan kontribusi terhadap masyarakat Aceh," katanya.

Dia berharap, Expo UMKM Aceh 2023 dapat menjadi ajang bagi pelaku UMKM Aceh untuk terus mencitrakan dan meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing di pasaran.

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023