Jakarta (ANTARA) - Personel Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara dan Polres Metro Jakarta Utara menjaga area kebakaran depo Pertamina Plumpang dan kawasan permukiman warga di sekitarnya untuk mengantisipasi kriminalitas di lokasi tersebut.

Petugas siaga di Pos Pengamanan Tepi Dekat dan Tepi Jauh menjaga area tersebut, mulai dari lokasi kebakaran pertama sampai dengan yang terakhir, selain petugas jaga posko utama di Markas Komando Rayon Militer 01 Koja-Kodim 0502/JU.

Komandan Koramil 01 Koja Mayor Infanteri Akhwan kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa, mengatakan, petugas menggelar pergantian patroli setiap dua jam sekali selama 24 jam guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Polres Metro (Polrestro) Jakarta Utara juga mengerahkan patroli presisi dan sambang warga di Balai Warga Kelurahan Rawa Badak Selatan yang terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Baca juga: RS Polri masih identifikasi tujuh jenazah korban kebakaran di Plumpang
Baca juga: Polri periksa 24 saksi terkait kebakaran Depo Pertamina Plumpang
 
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di Balai RW01 Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Senin (6/3/2023). ANTARA/Abdu Faisal

Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan mengatakan, aktivitas TNI-Polri ini memberi keyakinan kepada warga bahwa tindakan menjurus ke arah kriminalitas malam hari tidak dapat terjadi di wilayah yang terdampak kebakaran itu.

Menurut data yang dihimpun ANTARA, Senin (6/3) terdapat sekitar 74 hektare area terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara (Jakut).

Pelibatan personel dari TNI-Polri datang dari Komando Daerah Militer Jayakarta sekitar 130 orang dan Polri 243 orang. Kemudian Angkatan Laut juga menggelar dapur lapangan dan pendistribusian logistik kepada pengungsi, termasuk dari Dinas Kesehatan untuk pelayanan kesehatan gratis dan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal).

Ditambah personel Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 6 dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara, diperkirakan total jumlah personel TNI-Polri di Posko Terpadu Markas Koramil 01 Koja mencapai 647 orang.
Baca juga: DPRD minta DKI cari solusi jangka panjang kebakaran Depo Plumpang
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023