Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) beserta para anggota OASE KIM mendorong para ibu di Provinsi Lampung dengan usia reproduktif untuk melakukan pemeriksaan dini kanker serviks.

Iriana Jokowi dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), seperti dikutip dalam siaran pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu, juga mendorong agar para perempuan harus menjaga kebersihan organ tubuh.

"Ini sebetulnya enggak kelihatan ya Pak Dokter. Kata istrinya Pak Menkes, sesuatu yang tersembunyi tapi harus tetap waspada dan dijaga kebersihannya," kata Iriana kepada para peserta saat meninjau pemeriksaan tes IVA yang digelar di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Lampung, Rabu.

Selain pemeriksaan, para peserta juga mendapatkan penyuluhan dari para dokter terkait bahaya kanker serviks dan pentingnya dilakukan pemeriksaan sejak dini.

Kepada para dokter, Iriana pun menyampaikan terima kasih atas informasi yang telah diberikan kepada ibu-ibu peserta.

"Terima kasih (dokter) telah memberi penyuluhan tentang IVA test," lanjutnya.

Baca juga: Iriana Jokowi main congklak dan bekel bersama anak-anak di Lampung

Pada kesempatan tersebut, Iriana menegaskan bahwa informasi mengenai kanker serviks dan pemeriksaan sejak dini merupakan hal yang penting untuk diketahui.

Oleh karena itu, Iriana mendorong ibu-ibu untuk menyimak penyuluhan tersebut agar informasi yang diberikan dapat lebih dipahami.

"Harus paham dan mengerti. Saya juga enggak tahu, harus diberi penyuluhan juga. Saya juga harus belajar apakah itu IVA test, apakah itu deteksi dini," kata Ibu Iriana.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Bidang 2 OASE KIM, Ida Gunadi Sadikin, menjelaskan bahwa pemeriksaan dini bertujuan untuk mendeteksi lebih awal adanya potensi kanker pada tubuh atau tidak. Selain itu, penanganan secara lebih cepat dan tepat dapat segera dilakukan jika melakukan pemeriksaan dini.

"Nah 70 persen orang memeriksakan diri sudah dalam stadium tinggi itu yang bahaya. Saya ingin ibu-ibu semua bisa mendeteksi dini supaya bisa lebih awal mengetahui apakah kita terkena kanker atau tidak," kata Ida.

Baca juga: Ibu Negara tinjau sosialisasi bebas narkoba bagi anak muda Lampung

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023