Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyatakan siap memperjuangkan pemenuhan hak musisi, termasuk hak kekayaan intelektual.

"Hak-hak musisi ini mutlak harus diperhatikan. Bagaimana pun, mereka itu berkarya yang hasilnya bisa kita nikmati. Maka dari itu, saya siap memperjuangkan hak para musisi, termasuk juga perlindungan hak kekayaan intelektual mereka," ujar Cak Imin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Cak Imin juga mendorong, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), untuk memastikan pemenuhan hak musisi termasuk hak kekayaan intelektual sebagaimana diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, UU No. 14 Tahun 2001 tentang Paten, dan UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, baik artis, pencipta, maupun pelaku industri musik.

Baca juga: Pemerintah optimistis ekosistem lagu anak Indonesia semakin menguat

Baca juga: Mempertahankan identitas jadi cara Idgitaf mengarungi industri musik


Selain itu, Muhaimin juga mendorong Kemenparekraf dan Kemenperin untuk memberikan dukungan penuh terhadap industri musik di Tanah Air agar tidak hanya mampu berkarya untuk industri musik lokal saja, tetapi sampai diterima di dunia internasional.

Menurut Muhaimin, musik Indonesia tidak kalah bagus dan keren dibanding musik dari negara-negara lain. Hanya saja, dukungan dan promosi dari pemerintah selama ini masih minim.

"Jadi tolong support (dukung) seniman dan industri musik Tanah Air. Beri mereka panggung, support mereka untuk terus berkarya, promosikan sampai ke mancanegara, ini yang masih minim. Saya yakin mereka akan lebih bersemangat kalau negara hadir di tengah mereka," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Muhaimin juga mengucapkan selamat memperingati Hari Musik Nasional kepada seluruh musisi di Indonesia. Ia mendorong para musisi agar tetap berkarya dan menciptakan musik-musik yang indah, mengingat musik merupakan salah satu bagian dari budaya.

"Saya sampaikan selamat Hari Musik Nasional untuk para musisi-musisi keren kita. Teruslah berkarya dan tetap eksis, karena musik itu bagian dari budaya kita," ujarnya.

Muhaimin juga menaruh harapan besar agar industri musik Indonesia bisa semakin maju, kreatif, dan berkualitas di tengah gempuran seni musik dari mancanegara, seperti K-Pop dan lainnya.

"Tantangan para musisi Indonesia sekarang memang lebih besar. Banyak sekali produk musik mancanegara juga masuk di tengah kita, apalagi ada media sosial. Tapi apa pun kondisinya, musik Indonesia tetap yang terbaik, jadi harus maju, harus terus kreatif, dan juga harus tetap berkualitas," tutur Cak Imin.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023