Kita optimistis Tol Pasuruan-Probolinggo akan mampu menggerakkan roda perekonomian di kawasan Jawa Timur
Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP) menyebutkan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A dapat digunakan secara fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Progres fisik pada Seksi 4A telah mencapai 95 persen. Nantinya, bagian ini akan dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan arus balik Lebaran 2023," kata Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian saat kunjungan kerja ke Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, Helson mengatakan Tol Pasuruan- Probolinggo, yang merupakan bagian proyek strategis nasional (PSN), menjadi salah satu ruas utama Jalan Tol Trans-Jawa.

Selain menjadi pintu masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, jalan tol ini akan meningkatkan distribusi logistik dan mobilitas masyarakat setempat.

KSP juga berharap pemerintah daerah dapat memanfaatkan keberadaan Tol Pasuruan-Probolinggo dengan membangun sentra-sentra ekonomi dan kawasan produksi di sepanjang koridor jalan tol.

"Kita optimistis Tol Pasuruan-Probolinggo akan mampu menggerakkan roda perekonomian di kawasan Jawa Timur," kata Helson.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Teknik PT Transjawa Pasuruan-Probolinggo Jalan Tol Heri Supriyadi mengatakan tarif jalan tol akan terjangkau guna memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat dalam menikmati manfaat dari infrastruktur yang telah dibangun.

Adapun tarif untuk kendaraan golongan I kurang lebih dibandrol sebesar Rp1.000 per kilometer

Tol Pasuruan-Probolinggo memiliki panjang jalan 43,75 km yang terdiri atas empat seksi, yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur, dan Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending.

Ruas ini dikelola PT Transjawa Paspro Jalan Tol selaku badan usaha jalan tol (BUJT) dan dikerjakan oleh PT Waskita Karya Persero Tbk selaku kontraktor pelaksana.

Ruas ini akan tersambung dengan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang telah melalui peletakan batu pertama pada Februari 2023.

Baca juga: Menteri PUPR: Tol Probolinggo-Banyuwangi ruas pamungkas Tol Trans Jawa
Baca juga: Kementerian PUPR targetkan ruas tol Paspro Seksi 4A rampung Maret 2023
Baca juga: Waskita cairkan PMN ke WTTR untuk selesaikan Tol Pasuruan-Probolinggo


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023