Dengan menggandeng penggilingan padi kecil dan sedang, selain mendapatkan serapan beras untuk meningkatkan stok cadangan beras pemerintah (CBP)....
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta Perum Bulog dan pelaku usaha penggilingan padi untuk memperkuat sinergi untuk meningkatkan serapan beras pada musim panen raya.

“Dengan menggandeng penggilingan padi kecil dan sedang, selain mendapatkan serapan beras untuk meningkatkan stok cadangan beras pemerintah (CBP), Bulog juga turut mendukung keberlangsungan usaha penggilingan padi tersebut,” kata Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Kamis.

Arief memastikan kerja sama antara Bulog dan penggilingan padi akan berjalan saling menguntungkan. Bulog siap menyerap hasil panen raya yang berlangsung sampai Mei dengan jumlah besar melalui penugasan penyerapan 2,19 juta ton dengan target pemenuhan 70 persen CBP.

“Bulog sudah kami tugaskan untuk meningkatkan serapan pada panen raya ini. Kerja sama dan transaksi dengan Bulog juga kami jaga agar saling menguntungkan. Kalau penggilingan padi punya beras dengan kualitas dan harganya cocok Bulog siap langsung serap, cash and carry,” ujarnya.

Baca juga: Jaga daya saing, Bapanas cabut aturan batas atas harga gabah dan beras

Di samping itu, BUMN Pangan ini juga telah menyiapkan sejumlah rencana pengadaan yang memungkinkan dilakukan penyerapan dengan berbagai skema, di antaranya skema CBP, fleksibilitas, atau melalui skema komersial.

Arief menjelaskan, saat ini Bulog juga telah membangun Modern Rice Milling Plant (MRMP) di 13 lokasi untuk menambah potensi penyerapan gabah yang diharapkan bisa mendongkrak tingkat serapan Bulog pada tahun ini.

“Bapak Presiden menekankan agar semua pihak bersama-sama menjaga harga beras agar stabil, karena beras ini adalah salah satu komoditas yang memberikan andil terhadap inflasi,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi sebut Bapanas segera umumkan HPP gabah terbaru usai GKP turun

Selain itu, pemerintah juga sedang menghitung Harga Pembelian Pemerintah (HPP) terbaru berdasarkan usulan para stakeholder pangan nasional serta disesuaikan dengan perkembangan harga keekonomian gabah dan beras.

Dengan HPP terbaru tersebut, diharapkan Bulog akan memiliki harga yang baik untuk menyerap sehingga turut berkontribusi menjaga keseimbangan harga gabah di tingkat petani, pedagang, dan konsumen.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023