Jakarta (ANTARA) -
Indonesia selaku tuan rumah memiliki modal penting jelang bertanding pada Asian Beach Handball Championship atau Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Bali, 10-19 Maret.
 
Hal ini setelah hasil apik pada uji coba melawan sejumlah negara peserta jelang kompetisi bergulir. Salah satunya tim putra yang menang atas Korea Selatan dengan skor 3-2.
 
"Dari hasil uji coba dalam persiapan tim putra bola tangan Indonesia meraih kemenangan saat menghadapi Korea Selatan 3-2. Hal itu dapat dijadikan modal saat menghadapi China dalam pertandingan perdana, Jumat (10/3) setelah pembukaan," kata Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Zulfydar puas dengan persiapan timnas Indonesia. Lebih dari itu, para pemain baik pada sektor putra dan putri memiliki semangat tinggi memberikan prestasi untuk Merah Putih.
 
Sebagai tuan rumah, arena pertandingan di Bali juga rampung dan diklaim lebih baik dari arena kejuaraan yang sama pada edisi-edisi sebelumnya.
 
Hal itu pula, kata Zulfydar, yang memberikan kepuasan tersendiri bagi semua tim baik yang datang dari Arab Saudi, Qatar, Oman, Kuwait, Hong Kong, Korea Selatan, Oman, Vietnam, Filipina, dan China yang akan menjadi tuan rumah Asian Games XIX/2023 di Hangzhou.

Baca juga: PB ABTI sambut negara peserta Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023
 
"Saya terus berusaha seoptimal mungkin tim bola tangan Indoor maupun pantai Indonesia bisa tampil di Asian Games 2023 di China. Dengan harapan, tim bola tangan Indonesia tetap eksis dan terus memperbaiki prestasi yang dimiliki di jenjang internasional, " kata Zulfydar yang hadir dalam technical meeting di Bali, hari ini.
 
Pada acara hari ini, PB ABTI menggelar Gala Dinner untuk menyambut para peserta dan tamu kehormatan dari Federasi Bola Tangan Asia (AHF) yang langsung memantau persiapan dan jalannya pertandingan.
 
Pada kesempatan yang sama, pelatih bola tangan Indonesia Dwi Chandra mengatakan anak asuhnya pada sektor putra sudah siap tampil menghadapi tim China.
 
"Dalam segi teknik, pemain Indonesia tidak kalah dengan China yang memiliki postur tubuh tinggi. Permainan cepat akan dikembangkan untuk meraih kemenangan," kata Chandra.

Baca juga: Pelatih Denmark pimpin tim bola tangan Indonesia hadapi Kejuaraan Asia
 
Tim putra Indonesia berada di B bersama Vietnam, Oman, Hong Kong, Kuwait dan China. Adapun di grup A di tempati Iran, Qatar, Filipina, Korea Selatan, dan Arab Saudi.
 
Adapun pada sektor putri, timnas Indonesia akan menghadapi Hong Kong pada pertandingan perdana Jumat (10/3). Dengan kondisi postur tubuh yang tidak jauh berbeda, Dwi Chandra optimistis dapat memberikan kemenangan perdana di Asian Beach Handball Championship 2023.
 
"Dengan bekal peringkat tiga saat tampil di kejuaraan bola tangan pantai ASEAN di Thailand pada November 2022, saya optimistis pada Kejuaraan Asia kali ini, tim putri akan meraih hasil yang lebih bagus lagi," pungkas Chandra.
 
Selain Hong Kong, tim putri Indonesia bersaing dengan Vietnam dan Filipina dalam Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023.

Baca juga: PB ABTI berharap bantuan pemerintah untuk pelatnas bola tangan pantai

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023