Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara berkomitmen memperhatikan masukan publik terkait program pembangunan di wilayah tersebut termasuk masukan yang disampaikan melalui lomba penulisan dan fotografi.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, lomba penulisan untuk jurnalis serta fotografi untuk pelajar/mahasiswa bertemakan "Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023" yang pemenang nya diumumkan pada Jumat memberinya banyak masukan.

"Melalui lomba ini, kami juga mendapatkan masukan mengenai apa yang diinginkan oleh masyarakat serta potensi yang ada di masyarakat," ujar Ali Maulana usai mengikuti dialog interaktif di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Beragam masukan itu menjadi perhatian dan catatan bagi pemerintah kota (pemkot) agar Jakarta Utara (Jakut) semakin baik dan menjadi kebanggaan warga.

Salah satu masukan yang diperoleh adalah terkait poin-poin menjadikan "Jakarta Utara Kota Layak Anak" dengan menggali lebih dalam potensi-potensi kegiatan kemasyarakatan yang ada.

Baca juga: Jakut bertekad raih predikat Kota Layak Anak Utama tahun depan
Baca juga: Jakut dikunjungi tim kota layak anak nasional

Ali didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Jakarta Utara Muhammad Andri berharap kegiatan tersebut terus berkelanjutan karena dapat memacu generasi muda untuk meningkatkan kreativitas dan mengeksplorasi berbagai potensi serta tantangan yang ada di Jakarta Utara.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kolaborasi Pemerintah Kota Jakarta Utara dengan Forum Jurnalis Kreatif serta para pemangku kepentingan lain. Di antaranya Pelindo Terminal Peti Kemas, Pertamina Lubricants, Baznas-Bazis Provinsi DKI Jakarta, Pembangunan Jaya Ancol dan Charoen Pokphand Indonesia.

Ali menyerahkan penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba penulisan. Juara 1 diraih oleh Stefanus Ato dari Kompas.id yang menulis tentang "Infrastruktur Baru Pengubahan Wajah Pesisir Jakarta".

Juara 2 diraih oleh Syaefullah dari Era.id dengan judul tulisan "Melihat Lebih Dekat Geliat Ekonomi Warga di Pelabuhan Jakarta Utara" dan Jurnalis Perum LKBN Antara Sugiharto Purnama meraih juara 3 dengan tulisan berjudul "Petik Nilai Manfaat dari Bank Sampah".

Selain lomba penulisan untuk kategori jurnalis, terdapat pula lomba fotografi untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Juara I diraih Nabil Makarim dengan judul foto "Lagoon Ancol", Juara II Decinta Zahra yang mengangkat tema foto mengenai "Rumah Si Pitung" dan Juara III diraih Adi dengan judul foto "Peran Pelabuhan".

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023