Jakarta (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menjamin keandalan listrik untuk mendukung berbagai kegiatan internasional di DKI Jakarta.

Pada tahun 2023 sedikitnya ada tiga agenda internasional yang akan berlangsung di Jakarta.

"Tahun ini ada beberapa agenda di Jakarta dan kami sebagai etalase kelistrikan di Jakarta siap menjamin keandalan listrik untuk agenda tersebut," kata General Manager (GM) PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Doddy menjelaskan, agenda internasional pertama di Jakarta adalah Piala Dunia U20 pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan.

Baca juga: PLN DKI hadirkan gardu induk tanpa operator untuk tingkatkan efisiensi

Dalam mengamankan kegiatan olahraga internasional tersebut, PLN UID Jakarta Raya menyiagakan satu posko di unit induk. Kemudian di unit pelaksana pengatur distribusi UP2D dan satu posko di UP3 Bulungan.

"Kemudian disiagakan 522 personel ditambah 4 UPS berukuran 500 KVA," katanya.

Kemudian ada juga Piala Dunia FIBA. Indonesia telah membangun stadion khusus di kawasan GBK yang akan siap pada Mei dengan uji coba digelar kejuaraan skala kecil.

FIBA World Cup pada 20 Agustus-10 September 2023 dengan posko dan personel yang disiapkan sama. "Untuk kelengkapannya kami menyiapkan dua UPS ukuran 500 KVA dan tiga UPS ukuran 100 KVA," katanya.

Baca juga: 150 bidang tanah milik PLN di DKI sudah bersertifikat

Area GBK sejak Asian Games tahun 2018 telah disiapkan sebagai kawasan yang bernama "zero down time" dengan kemungkinan padam yang kecil terkecuali ada bencana.

"Jadi ini semua hanya tambahan kekuatan saja," tuturnya.

Kegiatan internasional ketiga adalah KTT ASEAN ke-43 yang rencananya digelar pada 5-7 September 2023. Untuk pengamanan kelistrikannya disiapkan satu posko UID dan UP2D serta satu posko UP3 di Bulungan dan Pondok Gede.

"Kenapa Pondok Gede? Karena akan ada acara di TMII. Kemudian personelnya disiagakan 306 orang," katanya.

Lalu disiagakan dua UPS 500 KVA, satu UPS 300 KVA dan empat UPS 100 KVA juga disiapkan.


Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023