Sorong (ANTARA) - SKK Migas dan Pertamina Exploration and Production(EP) Papua Field memberdayakan masyarakat di Distrik Klasafet, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya melalui pelatihan budi daya ikan air tawar.

Manager Papua Field Muslim Nugraha di Sorong, Sabtu, menjelaskan pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina memberikan perhatian lebih kepada masyarakat yang tinggal di wilayah produksi migas.

"Ini sudah menjadi kewajiban kami untuk memberikan perhatian kepada masyarakat yang ada di wilayah produksi migas," jelas Muslim Nugraha.

Menurutnya, Pertamina EP Papua Field berkomitmen untuk merealisasikan prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG) melalui pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah ring satu.

"Pertamina EP ini merupakan mitra pemerintah dengan satu tujuan bagaimana memberikan perhatian kepada masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar juga mendukung pencapaian tuujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

SKK Migas dan Pertamina EP Papua Field yang merupakan bagian dari Zona 14, Pertamina Subholding Upstream Regional Indonesia Timur, menyelenggarakan pelatihan budi daya ikan air tawar dengan pertanian sistem hidroganik dan pemasaran produk secara digital sebagai pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi.

Kepala Distrik Klasafet Femmy Momot memberikan atas upaya PEP Papua Field dalam membina masyarakatnya, terutama yang tinggal di sekitar lapangan produksi migas Klamono.

“Mari kita sambut program ini dengan sepenuh hati karena ini sangat membantu kapasitas diri untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ke depan," ajak Femmy kepada masyarakat pembudidaya ikan.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023