Jakarta (ANTARA) - Nutricia Indonesia pada Sabtu meluncurkan buku kumpulan resep bertajuk “The Winner’s Recipe” sebagai bahan referensi orang tua dalam mengkreasikan makanan yang dipadukan dengan pangan olahan untuk keperluan medis khusus (PKMK) untuk anak yang perlu kejar tumbuh.

Healthcare Nutrition Marketing & Strategy Director Nutricia Sarihusada Angelia Susanto mengatakan orang tua kerap menghadapi kesulitan dalam memastikan kepatuhan anak untuk mengonsumsi PKMK sesuai anjuran dokter. Ini bisa disebabkan karena anak tidak menyukai rasa PKMK dan bosan dalam penyajiannya. Oleh sebab itu, buku resep ini hadir sebagai solusi.

“Kami membuat ini supaya benar-benar para mama kalau memang ternyata (PKMK-nya) dilarutkan, dikasih minum, anaknya masih nggak mau, dengan ini (buku resep ini) mama-mama akan yakin bahwa dapat nutrisinya dan berkali-kali lipat dari kalau dibuat tanpa PKMK. Jadi sekaligus memasukkan bagaimana PKMK dan makanan itu jadi bareng. Dan rasanya disukai anak-anak,” kata Angelia di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: MSC terbitkan buku resep kuliner global produk laut berkelanjutan

Pemberian PKMK harus melalui rekomendasi dari dokter. Berbeda dengan susu formula biasa, PKMK merupakan pelengkap nutrisi harian yang ditujukan untuk anak yang mengalami pelambatan atau gangguan pertumbuhan.

Dalam pembuatan “The Winner’s Recipe”, Nutricia berkolaborasi dengan para ahli yaitu chef termasuk chef Devina Hermawan, serta ahli gizi dan dokter spesialis anak. Buku ini dihadirkan bagi orang tua yang mencari penyajian alternatif sehingga anak tidak bosan untuk mengonsumsi PKMK.

“Buku resep ini sudah bolak-balik review dari nutrisionist dan dokter anak juga. Terutama karena kita memperhatikan yang PKMK-nya. Jadi bagaimana nutrisinya, memperhatikan juga bagaimana absorpsi nanti dari si anak, bagaimana penerimaannya,” kata Angelina.

Baca juga: Buku makanan ramah iklim dan 39 resep Gorontalo diluncurkan ONF

Buku resep penyajian formula padat nutrisi untuk anak di atas 1 tahun ini hadir dengan variasi menu dilengkapi dengan deskripsi daftar menu satu hari, estimasi nilai gizi, dan cara pembuatan makanan tersebut.

Buku "The Winner’s Recipe" dapat dimiliki dengan cara mengunduh melalui situs www.nutriclub.co.id/nutriniland, di mana orang tua juga bisa melihat berbagai resep kreasi tinggi kalori ini secara daring. Selain itu, melalui halaman tersebut, orang tua juga dapat membaca informasi dan artikel menarik seputar faltering growth atau gagal tumbuh.

Baca juga: "Mommyclopedia" suguhkan resep MPASI untuk penuhi nutrisi buah hati

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023